Kompas TV regional berita daerah

Awal Musim Kemarau, Ratusan Warga Mulai Kesulitan Air Bersih

Kompas.tv - 13 Juli 2022, 10:33 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Ratusan warga di Kabupaten Jember Jawa Timur mulai kekurangan air bersih di awal musim kemarau. 1 unit mobil water canon milik polisi dan 3 unit tangki air milik BPBD dikerahkan untuk membantu pasokan air bersih.

250 kepala keluarga di Lingkungan Tegalrejo dan Gebang Poreng Kelurahan Jember Lor Kecamatan Patrang Kabupaten Jember kekurangan air bersih sejak beberapa hari terakhir memasuki awal musim kemarau.

Baca Juga: Polisi Distribusikan Bantuan Air Bersih di Daerah Kekeringan di Lumajang

Sumber mata air sumur mereka tidak mengeluarkan air yang cukup bahkan sebagian mengering. Padahal rata-rata kedalaman sumur mencapai 10 hingga 15 meter. Sebagian warga ada yang menggali sumur lebih dalam hingga 20 meter, namun air tetap tidak keluar.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga, Polri dan BPBD setempat mendistribusikan air bersih ke perkampungan dengan menggunakan water canon dan 3 unit tangki air. Kendaraan water canon berkapasitas 8 ton, sedangkan masing-masing tangki air berkapasitas lima ribu liter.

Baca Juga: 22 Desa dan 6 Kecamatan di Kabupaten Lumajang Krisis Air Bersih

Selain faktor musim kemarau, kekeringan terjadi karena tidak adanya resapan air dari sungai. Kondisi itu terjadi setelah waduk atau dam semba kalijompo ambrol beberapa bulan lalu.

#Kemarau #AirBersih #Sumur #SumberMataAir #Jember #Polri #BPBD



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x