Kompas TV regional berita daerah

Badan Otorita Utamakan Pembangunan Ekosistem IKN Nusantara

Kompas.tv - 30 Agustus 2022, 10:45 WIB

SEPAKU, KOMPAS.TV - Wakil Kepala Badan Otorita Dhony Rahajoe mengatakan pembangunan di kawasan IKN Nusantara tidak saja infrastruktur pusat pemerintahan. Tetapi dibutuhkan fasilitas penunjang hidup masyarakat sebagai ekosistem pola hidup.

Direncanakan pembangunan ekosistem kota  di IKN secara utuh akan selesai pada tahun 2024.

Misalnya,kawasan KIPP prioritasnya kesiapan SDM masyarakat lokal yang berkualitas, dengan pelatihan di berbagai bidang.

Pembangunan ekosistem yang paling utama dimaksud,seperti hak atas tanah ,perencanaan tatakota,sarana dan prasarana dasar,seperti rumah sakit,pendidikan ,dan pasar.

Badan Otorita pun menggagas diskusi santai untuk menjaring aspirasi warga di kawasan KIPP,bekerjasama dengan Forum Socio Engineering Nusantara.

sementara itu/ diskusi santai tersebut mendapat sambutan hangat oleh warga sekitar kipp// termasuk mahasiswa yang sedang kkn untuk mendata/ aspirasi dan kebutuhan warga sepaku//

Menurut Sunaryo selaku Ketua BPD Desa Bumi Harapan,menyampaikan masalah mendesak yang dihadapi warga yakni masalah penyelesaian KIPP ,yang saat ini diperuntukkan untuk IKN ,terkait harga tanah yang masih belum ada kepastian , masyarakat mengharapkan adanya penyelesaian dan kebijakan pemerintah dalam waktu dekat .

Selain itu ,Sunaryo juga mengharapkan agar masalah tempat tinggal yang terkena KIPP relokasinya akan memadai. dan dalam pembangunannya nanti masyarakat lokal yang telah mengikuti pelatihan akan terlibat.

#IKN #BadanOtoritaIKN #Kaltim



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x