Kompas TV regional berita daerah

Ribuan Guru Demo Tolak Penghapusan Insentif

Kompas.tv - 4 Oktober 2022, 20:03 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Beginilah suasana aksi demonstrasi yang dilakukan ribuan guru di halaman kantor Walikota Samarinda senin siang.

Memakai baju dinas pgri dan membentangkan spanduk tuntutan berbagai macam tulisan. Antara lain,terkait insentif guru yang di hapus.

Menurut keterangan perwakilan masa aksi. Guru menuntut agar pemerintah kota samarinda membatalkan edaran terkait penyelarasan  insentif guru dan tenaga pengajar.

Melihat banyaknya masa aksi dari berbagai guru di Samarinda,Walikota Samarinda Andi Harun langsung mendatangi massa aksi untuk berdialog.

Dalam keterangannya,pemerintah menganggap aksi tersebut telah disusupi kepentingan politik. Pasalnya, selama ini Walikota tidak pernah membuat aturan atau keputusan untuk menghapus insentif guru.

Andi Harun menjelaskan, pemerintah kota mengikuti peraturan Kemendikbud nomor 8 tahun 2022, tentang juknis penyaluran tunjangan profesi dan tunjangan khusus guru non PNS tahun 2022.

Serta arahan Kemendagri untuk penerima tunjangan profesi guru tidak boleh lagi menerima penghasilan apapun dalam bentuk apapun karena diambil dari uang negara.

Apabila hal tersebut dilakukan. Dikawatirkan akan berpotensi melanggar hukum.

#guru #AndiHarun #Demo



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x