Kompas TV regional berita daerah

Subari Pahlawan Masa Kini, Ganjar Ajak Naik Mimbar Upacara

Kompas.tv - 11 November 2022, 10:31 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memimpin langsung upacara peringatan Hari Pahlawan ke-77 di Lapangan Pancasila Kota Semarang, Kamis (10/11/2022) pagi. Namun, ada yang berbeda pada upacara kali ini, Ganjar mengundang salah satu tamu dalam upacara ini untuk ikut ke atas mimbar.

Bukan seorang pejabat ataupun tokoh terkenal yang diajak ke atas mimbar bersama orang nomor satu di Jawa Tengah ini. Sosok tersebut adalah Subari, warga Desa Kalibareng, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal.

Ganjar menilai Subari sebagai sosok pahlawan masa kini dan dijadikan contoh bagi seluruh masyarakat Jawa Tengah dan bahkan Indonesia. Sebab, dengan ikhlas Subari memberikan lahan pribadi seluas 1800 hektar untuk dijadikan embung. Hal tersebut menjadi contoh kongkrit masyarakat yang berbuat bagi negara maupun masyarakat sekitarnya.

"Yang berbuat, berkorban demi kebaikan, ya negara, ya kemanusiaan seperti Pak Subari," ujar Ganjar.

Niat mulia Subari berawal dari melihat petani di sekitarnya yang kerap kekurangan air saat kemarau. Sementara kebutuhan air di sawah Subari sangat berkecukupan. Subari bersama istri pun berinisiatif menghibahkan tanahnya untuk dijadikan embung.

"Kalau pak gubernur menganggapnya pahlawan, itu suatu kehormatan bagi saya, bagi keluarga saya," ungkap Subari.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menargetkan pembangunan embung akan selesai di akhir tahun. Sebagai apresiasi, embung tersebut nantinya dinamai Embung Subari.

#subari #ganjarpranowo #semarang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x