Kompas TV regional update

Polisi Periksa 18 Saksi Kecelakaan Lokomotif Teknis di Jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Kompas.tv - 20 Desember 2022, 06:37 WIB
polisi-periksa-18-saksi-kecelakaan-lokomotif-teknis-di-jalur-kereta-cepat-jakarta-bandung
Pihak kepolisian memeriksa setidaknya 18 saksi untuk mencari penyebab kecelakaan kereta teknis di jalur kereta cepat Jakarta-Bandung pada Minggu (18/12/2022). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pihak kepolisian memeriksa setidaknya 18 saksi untuk mencari penyebab kecelakaan kereta teknis di jalur kereta cepat Jakarta-Bandung pada Minggu (18/12/2022).

"Saksi-saksi yang sudah diperiksa oleh penyidik Polda Jabar, informasi yang saya dapat tadi malam kurang lebih 18 orang," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo, Senin (19/12) dalam konferensi pers di Jakarta dipantau dari cuplikan video program Kompas Petang, Kompas TV, Senin (19/12/2022).

Sementara itu, Dedi juga mengungkapkan adanya dua korban jiwa atas peristiwa kecelakaan lokomotif kereta teknis di jalur kereta cepat itu.

"Saat ini untuk updatenya, nanti saya tanyakan lagi, untuk korban meninggal dunia ada dua orang, kemudian luka berat ada 5," kata Dedi.

Selain itu, ia menyebut Tim Labfor dan Tim Inafis Mabes Polri juga telah turun ke TKP pada Senin (19/12).

Proses pemindahan lokomotif kereta teknis yang berwarna hijau dan mesin pemasangan rel (ballasted) yang berwarna kuning masih berjalan hingga Senin sore.

Baca Juga: Saksi Kecelakaan Lokomotif Teknis Proyek Kereta Cepat di Bandung: Melesat Keluar Lintasan 200 Meter

Sementara itu, berdasarkan pantauan jurnalis Kompas TV Vidaa Alatas pada Senin petang, evakuasi masih terus dilakukan untuk memindahkan lokomotif kereta teknis serta mesin pemasangan rel.

Ukuran mesin pemasang rel 50-100 meter membuat proses evakuasi membutuhkan waktu lama. Sebab, tim evakuasi perlu membagi-bagi bagian badan kereta untuk selanjutnya diangkut oleh truk bermuatan besar.


Sedikitnya ada dua crane yang dioperasikan untuk mengangkat bagian dari badan kereta pemasangan rel di area proyek kereta cepat itu.

Sebagaimana telah diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, kecelakaan kereta api itu terjadi di proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Kampung Cempaka, Desa Campakamekar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (18/12/2022) sore.

Direskrimum Polda Jawa Barat Kombes Pol. Yani Sudarto menyebut, akibat kecelakaan itu, sejumlah pekerja yang tengah melakukan aktivitas di lokasi kejadian tertabrak. 

Baca Juga: Buntut Insiden Kereta Teknis Anjlok, Proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung Dihentikan Sementara

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x