Kompas TV regional berita daerah

Penambangan Batu Quarry di Gunung Pangajar Rusak Rumah Warga

Kompas.tv - 18 Januari 2023, 13:48 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

TASIKMALAYA, KOMPAS.TV - Ratusan warga terdampak penambangan batu quarry, Gunung Pangajar, Kecamatan Karangjaya, Kabupaten Tasikmalaya, melakukan demo di depan proyek batu quarry Gunung Pangajar. 

Mereka meminta ganti rugi kepada pelaksana proyek, karena rumah yang berada di sekitar lokasi penambangan mengalami kerusakan, akibat getaran yang sebabkan oleh ledakan di lokasi penambangan yang tak kunjung di perbaiki dan tidak ada kejelasan. 

Dalam aksinya, warga mengajukan sepuluh tuntutan berkaitan dengan drilling blasting atau kegiatan pengeboran dan peledakan yang tidak mungkin di ambang batas, dampaknya banyak rumah warga rusak parah. 

Padahal poin-poin tersebut sudah dituangkan dalam perjanjian, dan diukur oleh ahli lingkungan dampak di dokumen amdal. Selain itu, pihak perusahaan tidak menempati janji, diantaranya belum dibuatkan kolam retensi, limbah penambangan tidak dibuang sembarangan dengan membuat parit ke arah lamping Ciapitan. 

Perwakilan perusahaan memberikan tanggapan di hadapan masa aksi. Pihak perusahaan akan mengakomodir tuntutan warga yang telah disepakati. 

Sebelumnya, proyek pembangunan penambangan batu quarry Gunung Pangajar sempat terhenti sementara. Setelah dari kedua belah pihak sepakat proyek penambangan kembali di buka.

 

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klink link di bawah:

IG :https:www.instagram.comkompastvjabar

Youtube :https:www.youtube.comckompastvjaw...

Twitter :https:www.twitter.comkompastv_jabar

Facebook :https:www.Facebook.comkompastvjabar

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x