Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Di Even SOMTC 2023 Jogja, Kapolri Sebut 3 Kejahatan Transnasional Ini jadi Perhatian di ASEAN

Kompas.tv - 21 Juni 2023, 06:25 WIB
di-even-somtc-2023-jogja-kapolri-sebut-3-kejahatan-transnasional-ini-jadi-perhatian-di-asean
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo beserta jajarannya foto bersama dengan perwakilan delegasi negara-negara peserta even ASEAN Senior Official Meeting on Transnational Crime (SOMTC), Selasa (20/6/2023), di Yogyakarta. (Sumber: KompasTV/Michael Aryawan)
Penulis : Redaksi Kompas TV | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan setidaknya ada sejumlah kejahatan transnasional yang saat ini menjadi perhatian dunia, termasuk di kawasan Asia Tenggara.

Hal ini disampaikan Kapolri saat membuka gelaran ASEAN Senior Official Meeting on Transnational Crime (SOMTC), Selasa (20/6/2023), di Yogyakarta.

Menurut Jenderal Listyo Sigit, ASEAN SOMTC ini merupakan pertemuan para penegak hukum untuk membahas pemberantasan kejahatan transnasional. 

"Dalam SOMTC ini para penegak hukum membahas serta bekerja sama untuk memberantas dan melakukan upaya penindakan hukum terhadap pelaku kejahatan transnasional. Ada beberapa kejahatan transnasional yang tentunya menjadi perhatian khususnya diwilayah Asean antara lain terorisme, narkotika dan tentunya yang menjadi sorotan saat ini yaitu TPPO", ungkap Kapolri, saat membuka acara.

Baca Juga: AS Tetapkan Kelompok Wagner Organisasi Kejahatan Transnasional, Pendukungnya Juga bakal Kena Sanksi

Mantan Kabareskrim Polri itu juga mengatakan hasil dari pertemuan para penegak hukum ini nantinya akan ditandatangani dalam pertemuan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur mendatang.

Kapolri berharap dari pertemuan di Labuan Bajo tersebut dapat meningkatkan kerjasama dalam penanganan kejahatan transnasional. 


"Hasil rumusan dari pertemuan SOMTC ini nantinya akan ditandatangani di pertemuan para kepala kepolisian di Labuan Bajo. Harapannya dari penandatanganan tersebut dapat meningkatkan kerjasama dalam menangani kejahatan transnasional dan para pelaku yang kabur keluar negeri dapat secepatnya ditangkap," tandas Kapolri.

Baca Juga: Kapolda Sumbar Ungkap Kendala Berantas Judi Online: Mustahil jika Tidak Jadi Kejahatan Transnasional

Pembukaan ASEAN SOMTC tersebut turut dihadiri Kabareskrim Komjen Pol Agus Andrianto, Kadivhubinter Irjen Pol Krishna Murti, serta seluruh delegasi negara-negara peserta dan mitra ASEAN.

Penulis: Michael Aryawan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x