Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Beri Diskon, Taktik Sekolah Swasta Gaet Siswa Baru

Kompas.tv - 23 Juni 2023, 12:42 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Sekolah swasta di Kota Semarang memiliki cara tersendiri menggaet siswa dalam menyelenggarakan penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal ini dilakukan karena pola pikir masyarakat umumnya, harus menyekolahkan anaknya di sekolah berstatus pemerintah atau negeri.

Untuk itu agar dapat bersaing dengan sekolah negeri guna menarik minat calon siswa baru, salah satu sekolah swasta di Kota Semarang memberikan diskon pembayaran dana pengembangan institusi (DPI), selain itu SMP 1 Kesatrian tersebut juga akan memberikan potongan SPP setiap bulan jika siswa meraih peringkat tiga besar di kelas.

"Untuk PPDB di bulan Januari sampai Februari kemarin kita memberikan diskon kepada calon. Strategi kita sebesar 50 persen, kemudian di bula Maret-April kita memberikan diskon DPI sebesar 25 persen. Untuk bulan Mei ini sampai bulan Juni kita memberikan potongan DPI sebesar Rp 750.000," kata Ali Romadhon, panitia PPDP SMP 1 Kesatrian Kota Semarang.

Ira, salah satu orangtua calon siswa mengaku, percaya dan mantap menyekolahkan anaknya di SMP 1 Kesatrian karena kualitas gurunya yang mumpuni, dan fasilitas sekolah yang nyaman serta lengkap sehingga membuat aktivitas belajar mengajar berjalan baik. Dalam PPDB tahun 2023, SMP 1 Kesatrian menyiapkan kuota 150 calon siswa baru.

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x