Kompas TV regional papua maluku

Pemkab Jayapura Komitmen Bangkitkan Pangan Lokal Sagu

Kompas.tv - 30 Juni 2023, 14:24 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Kurang lebih tiga hari digelar festival colo sagu akhirnya ditutup oleh penjabat Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, Rabu (28/06/2023). Penutupan ditandai dengan panen dan makan sagu bersama oleh forkopimda dan seluruh masyarakat yang hadir.

Festival colo sagu ini digelar dalam rangka memperingati hut Bhayangkara ke-77, serta untuk memperkenalkan sagu sebagai produk unggulan di Kabupaten Jayapura dan meningkatkan U-M-K-M sagu yang diolah oleh mama Papua.

Kapolres Jayapura mengatakan, saat ini pangan lokal sagu yang merupakan makanan pokok orang Papua sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat, sehingga melalui festival ini ingin mengingatkan dan membangkitkan minat masyarakat mengkonsumsi sagu.

Sementara itu, penjabat Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo mengatakan, untuk mendukung ketahanan pangan sagu, maka pemerintah Kabupaten Jayapura sudah menerapkan kebijakan makan sagu bersama bagi seluruh ASN di lingkup pemerintah Kabupaten Jayapura.

Selama tiga hari pelaksanaan festival colo sagu di Kota Sentani, tercatat jumlah pendapatan mama papua yang menjual produk makanan dari sagu meningkat drastis hingga seratus persen dibanding biasanya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x