Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Reuni Ageng Ikasmansatama 2023: Sambung Silaturahmi, Bangun Kepedulian Lingkungan

Kompas.tv - 18 Juli 2023, 20:51 WIB
reuni-ageng-ikasmansatama-2023-sambung-silaturahmi-bangun-kepedulian-lingkungan
Para alumni SMA Negeri 1 Kota Magelang, berpose dalam acara Reuni Ageng Smansa 2023 di Magelang, Jawa Tengah. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Eddward S Kennedy

MAGELANG, KOMPAS.TV - Ribuan alumni SMA Negeri 1 Kota Magelang (IKASMANSATAMA) dari berbagai angkatan berkumpul dalam pertemuan dua hari yang berlangsung pada 15-16 Juli 2023 di Magelang, Jawa Tengah.

Dengan tema kepedulian terhadap lingkungan dan sesama, pertemuan ini menjadi ajang silaturahmi sekaligus kampanye pelestarian lingkungan dan warisan budaya.

Pertemuan ini dihadiri oleh lebih dari 4.000 alumni yang berasal dari berbagai penjuru Indonesia dan luar negeri.

Mereka adalah lulusan sekolah yang telah berdiri selama 73 tahun dan telah menghasilkan ribuan alumni yang tersebar di berbagai bidang, baik di pemerintahan maupun swasta.

"Salah satu tujuan berkumpulnya alumni dalam Ikasmansatama adalah memperat jalinan silaturahmi antar alumni sekaligus memberi manfaat melalui kegiatan-kegiatan pengabdian kepada masyarakat," kata Ketua Umum Ika Smansatama, Ir. Agus Marsudi, M.Sc., yang juga suami dari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Pertemuan ini diadakan di tiga lokasi berbeda, yaitu Candi Borobudur, SMA Negeri 1 Kota Magelang, dan Puri Asri Hotel & Resort.

Serangkaian acara diadakan mulai dari penanaman pohon kepel, nagasari, dan baobab; syuting kampanye pelestarian cagar budaya dengan busana bernuansa etnik terbanyak yang menjadi rekor; dan acara pentas seni ditengah silaturahmi para alumni.

Salah satu momen yang paling mengesankan adalah ketika para alumni meneriakkan "Save Heritage for Future", sebuah ajakan untuk mencintai dan melestarikan warisan budaya.

Ajakan ini menjadi semakin kuat karena dilakukan di Candi Borobudur, sebuah situs warisan dunia.

Prof. Dr. Didi Achjari, M.Com., Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada dan alumni angkatan 1989 yang ditunjuk sebagai Ketua Umum Ika Smansatama berikutnya, berharap bahwa reuni ini dapat menjadi ajang nostalgia dan penguatan tali persaudaraan.

"Semoga di Reuni Ageng 2023 ini para alumni bisa bernostalgia mengingatkan kembali masa-masa indah penuh kenangan yang pernah dilewati bersama semasa SMA," ujarnya.

Reuni ini juga memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal. "Kami mengapresiasi penyelenggaraan Reuni Ageng 2023 ini dan membuat perekonomian Magelang kian menggeliat. Hotel-hotel penuh oleh alumni.

Venue-venue banyak dibooking untuk temu kangen tiap angkatan. Para alumni juga tentu akan berbelanja produk khas kota tercintanya untuk oleh-oleh orang terdekat.

"Semua ini tentu berdampak luas bagi perputaran ekonomi di kota ini," kata Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz, alumni angkatan 1991 yang ikut menghadiri acara tersebut.

Reuni Ageng 2023 ini merupakan rangkaian dari serangkaian pertemuan alumni yang telah dilakukan sejak tahun 1993. Melalui pertemuan ini, alumni IKASMANSATAMA dapat terus menjalin silaturahmi dan berkontribusi bagi lingkungan dan masyarakat.

Pertemuan alumni ini telah dilakukan dalam beberapa kesempatan. Seperti pada tahun 1993 di Hotel Borobudur, Jakarta, 2005 di Kelapa Gading, 2007 di Puri Asri, 2013 di Lemhannas, dan 2017 di Puri Asri Magelang.

Beberapa anggota Ikasmansatama yang telah mencapai prestasi luar biasa tercatat sebagai berikut: Prof. Dr. Ir. Budi Susilo Soepandji, mantan Gubernur Lemhannas dan Direktur PT TWCB; Letjen TNI (Purn) Herindra, Wakil Menteri Pertahanan; Ir. Bambang Tri Sasongko, Direktur MAB (bus listrik); Taty Hendropriyono, istri Jenderal Hendropriyono; Prof. Ir. Wardijasa, tokoh Industri Kimia Indonesia; Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN (Persero); Prof. Eniya Listiani Dewi, Wakil Ketua BRIN; Slamet Santosa, HK Gold; Dr. Ir. Rozik Boedioro Soetjipto, Menteri PU RI ke-21; Laksma TNI (Purn) Fanani Tedjokusumo, Danlantamal IV pada periode 2005-2006; dan masih banyak lagi.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x