Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Jadi Tempat Wisata Hits Solo, Ini Daya Tarik Lokananta Bloc

Kompas.tv - 4 Agustus 2023, 07:00 WIB
jadi-tempat-wisata-hits-solo-ini-daya-tarik-lokananta-bloc
Ketua DPR RI Puan Maharani berkunjung ke Museum Lokananta di Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (10/6/2023). (Sumber: Instagram @puanmaharaniri)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO, KOMPAS.TV - Lokananta Bloc kini menjadi ikon wisata baru di Solo, Jawa Tengah. Setelah selesai direvitalisasi, studio rekaman legendaris ini berubah menjadi tempat hits dan populer.

Lokananta kini hadir kembali dengan wajah baru yang lebih menarik. Bangunan bersejarah ini berubah dari studio rekaman tua menjadi destinasi wisata berbasis musik.

Bahkan kini dilengkapi dengan area kreatif dan niaga bagi musisi, seniman, dan UMKM lokal. Ada lima fasilitas utama Lokananta Bloc, meliputi museum atau galeri studio rekaman, arena pertunjukan, area kuliner, dan galeri UMKM. 

Baca Juga: Jokowi: Solo Safari, Destinasi Baru Wisata di Solo

Dikutip dari laman kompas.com, pengunjung juga dapat melihat berbagai rekaman yang diproduksi oleh studio rekaman pertama di Indonesia di dalam Galeri Lokananta. Ada berbagai jenis musik yang pernah diproduksi di Lokananta, mulai dari gending, keroncong, dan masih banyak lagi. 

Pengunjung juga dapat belajar lebih luas tentang keragaman musik Indonesia. Sekaligus peran Lokananta dalam melestarikan dan mempromosikan musik-musik tersebut.

Jauh dari kesan kuno, Galeri Lokananta tidak hanya menarik untuk belajar tentang perjalanan musik Indonesia. Namun juga untuk berburu foto Instagramable.

Untung datang ke tempat wisata baru di Solo ini, pengunjung harus memesan tiket terlebih dahulu. Tiket masuk Galeri Lokananta dapat dipesan secara daring. 

Registrasi secara daring dibuka mulai Pukul 07.00 WIB pada hari kunjungan, sehingga pengunjung tidak dapat memilih tanggal. Tiket masuk Galeri Lokananta dapat dibeli dengan harga Rp25.000 dan dibayarkan dengan metode nontunai saat registrasi di loket yang tersedia.

Selain mengunjungi galeri, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seru di kawasan Lokananta Bloc secara gratis. Ditambah, ada berbagai gelaran konser dan atraksi seni budaya yang akan digelar di public space ini.

Pengunjung juga dapat membeli berbagai vinil, belanja cinderamata musik, nongkrong di kafe, atau sekadar bersantai menikmati sore di ampiteater Lokananta Bloc.

Lokananta Bloc dan Galeri Lokananta berada di Jalan Ahmad Yani No. 389, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Lokananta Bloc dapat dikunjungi setiap hari, mulai Pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

Baca Juga: Dikunjungi Ribuan Penggembira Muktamar Muhammadiyah, Ini Rekomendasi 5 Destinasi Wisata di Solo

Sementara Galeri Lokananta hanya dibuka pada Rabu hingga Senin, setiap Pukul 10.00, 12.00, dan 14.00 WIB.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x