Kompas TV regional sulawesi

Es Pisang Ijo Rainbow, Pelepas Dahaga

Kompas.tv - 3 Agustus 2023, 18:25 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

BAU-BAU, KOMPAS.TV - Terik matahari akan terasa nikmat sambil menikmati makanan yang dingin dan menyegarkan. Salah satunya dengan mencicipi es pisang ijo yang banyak di jumpai di kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

Di kota Baubau, banyak terjual makanan khas Sulawesi, salah satunya es pisang ijo, makanan dingin yang menyegarkan. Tetapi es pisang ijo satu ini, berbeda dari es pisang ijo biasanya, yang banyak dijual. Es pisang ijo ini berwarna-warni, seperti pelangi yang membungkus pada buah pisangnya.

Pisang ijo itu pun disebut, dengan pisang ijo rainbow, menggunakan bahan pewarna makanan yang aman di konsumsi. Bahan untuk membuat pisang ijo rainbow, sama seperti membuat pisang ijo yang biasa, yakni menggunakan tepung beras, pisang raja yang sudah tua, pewarna makanan, gula pasir, daun pandan, garam dan sirup merah.
Sedangkan untuk sausnya menggunakan santan, tepung terigu, daun pandan, gula, garam dan es serut. Ummi zu, pemilik caffe, mengatakan, ide membuat pisang ijo rainbow itu muncul, saat bulan puasa, banyak yang buat pisang ijo berwarna hijau semua. Setelah membuat pisang ijo rainbow, banyak warga yang menyukainya.

Pisang ijo rainbow dilihat dari warnanya, sudah sangat menggunggah selera untuk dicicipi, apalagi bila dicampurkan dengan cokelat, keju, atau milo, yang tentunya rasanya lebih nikmat. Harganya pun cukup murah, hanya berkisar 10 hingga 15 ribu rupiah, dan terdiri beberapa varian rasa. Aco, pengunjung, mengaku pisang ijo rainbow rasanya nikmat, serta rasa cokelat dalam sausnya terasa, dan rasa pisangnya juga enak dan tidak terlalu keras.

Pisang ijo itu, segar disantap apalagi kalau panas-panas di siang hari.

#pisangijo
#rainbow

#khassulawesi



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x