Kompas TV regional berita daerah

Pemkab Lumajang Sejahterakan Petani dengan Program Gerbas Tani

Kompas.tv - 3 Agustus 2023, 19:41 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Sebuah desa di Kabupaten Lumajang Jawa Timur memiliki cara unik untuk meningkatkan ekonomi masyarakatnya. Mereka menjalankan program gerakan belanja sayuran di lahan petani. Cara ini dinilai efektif mengatasi kenaikan harga kebutuhan pokok.

Gerakan belanja sayuran di lahan petani disebut dengan gerbas tani. Program ini dijalankan di Desa Kedungrejo Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang.

Ada 2 hektar lahan yang menanam 18 varietas sayuran dan buah-buahan. Pengunjung bisa datang dan langsung membeli sayuran dan buah ke petani. Pengunjung diperbolehkan memetik sendiri sayuran dan buah yang diinginkan.

Selain masih segar, harganya juga lebih murah dibandingkan dengan di pasar. Bahkan selisihnya bisa mencapai 3 hingga 5 ribu rupiah.

Baca Juga: 50 Hektar Tanaman Tembakau di Lumajang Mati Terdampak Banjir

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengapresiasi program tersebut karena bisa memotong mata rantai pasar yang menyebabkan selisih harga.

Bupati berharap program gerbas tani dapat dilakukan di desa lainnya untuk mensejahterakan petani. Program ini dinilai cocok bagi Kabupaten Lumajang karena memiliki potensi pertanian yang besar.

 

#gerbastani #petani #lumajang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x