Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Baju Adat Semarangan Jadi Seragam Sekolah

Kompas.tv - 18 Agustus 2023, 16:52 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Menyikapi kebijakan dari Permendikbud Ristek nomor 50 tahun 2022 yang mengatur pemakaian seragam di sekolah, salah satunya adalah mamakai pakaian adat, para kepala sekolah di Kota Semarang setuju untuk memakai pakaian adat khas Semarang yakni Surjam Semarangan dan Ubed Semarangan untuk siswa dan  kebaya encim bagi siswi.

Rencananya, aturan ini akan diberlakukan satu bulan sekali di minggu awal. Namun terkait kapan waktu penerapan, sekolah masih menunggu arahan dari Dinas Pendidikan Kota Semarang.

"Kami senantiasa akan melaksanakan apabila sudah ada surat edaran dari Dinas Pendidikan Kota Semarang. Apabila anak kami tidak mampu dalam pengadaannya, pasti ada komunikasi dengan wali murid. Dengan satu catatan, adanya seragam itu pastinya tidak memberatkan bagi wali murid, " ungkap Abdul Khalik, Kepala SD Negeri Pekunden.

Aturan mengenakan pakaian adat tersebut tujuannya untuk menumbuhkan rasa nasionalisme sejak dini kepada siswa dan siswi dan pihak sekolah mendukung penuh aturan tersebut. Namun tidak ada paksaan dari pihak sekolah kepada orang tua dan wali murid. Sekolah memilih untuk bersikap luwes, jika nantinya aturan ini dirasa memberatkan pihak orang tua, sekolah bersedia mencari solusi.

#sekolah #pakaianadat #semarang 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x