Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Wamendag Jerry Sambuaga Dorong UMKM Optimalkan Penggunaan QRIS

Kompas.tv - 24 Agustus 2023, 12:03 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) merupakan metode pembayaran digital yang sedang digenjot oleh Pemerintah Indonesia mulai tahun 2022 lalu.

Selain memudahkan proses transaksi perdagangan, penggunaan QRIS ini juga bertujuan untuk meningkatkan nilai mata uang rupiah.

Indonesia sendiri telah bekerja sama dengan Thailand dalam implementasi penggunakan QRIS. Selanjutnya implementasi ini akan dikembangkan ke negara-negara lain di ASEAN, seperti Malaysia dan Singapura.

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga, dalam pertemuan ASEAN Economic Ministers Meeting (AEM) yang ke-55 Selasa (22/8/2023) mengatakan, langkah kongkrit pemerintah untuk meningkatkan mata uang lokal diantaranya bekerjasama dengan Bank Indonesia serta sejumlah bank sentral di negara ASEAN, serta mendorong penggunakan QRIS pada pelaku UMKM.

Baca Juga: JKPI 2023 Tampilkan Aneka Budaya dan Produk UMKM

Para wisatawan dari luar negeri dapat membeli produk lokal dan langsung membayar dengan menggunakan kode QRIS tanpa harus menukar mata uang mereka ke rupiah, karena QRIS dapat langsung mengkonversi mata uang asing ke mata uang rupiah, dan begitu juga sebaliknya. Penggunaan QRIS juga memudahkan transaksi pembayaran produk produk UMKM di negara-negara ASEAN.

#wamendagri #asean #semarang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x