Kompas TV regional jabodetabek

Jelang Peresmian LRT Jabodebek Besok, Menhub Budi Karya: Laju Kereta Berjalan Mulus

Kompas.tv - 27 Agustus 2023, 20:08 WIB
jelang-peresmian-lrt-jabodebek-besok-menhub-budi-karya-laju-kereta-berjalan-mulus
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (paling depan) memasuki area keberangkatan di Stasiun LRT Harjamukti, Depok, Jawa Barat, Rabu (12/7/2023). (Sumber: KOMPAS/ADRYAN YOGA PARAMADWYA )
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan kesiapan layanan Lintas Raya Terpadu Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi atau LRT Jabodebek pada Selasa (22/8/2023), menjelang peresmiannya pada Senin (28/8/2023) besok.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan meresmikan LRT Jabodebek pada Senin. Peresmian ini akan menandai berjalannya operasional perdana moda transportasi publik ini.

Selasa lalu, Menhub, didampingi Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo, serta Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, menjajal LRT dari Stasiun LRT Dukuh Atas menuju Stasiun Halim.

Mereka juga mengadakan rapat koordinasi dengan para pemangku kepentingan terkait. Setelah rapat selesai, Menhub melanjutkan perjalanan menuju Stasiun LRT Cikoko Cawang.

Baca Juga: LRT Jabodebek dan Commuter Line akan Diintegrasikan di Stasiun Cawang dan Sudirman

Menurut pengakuan Budi, laju LRT Jabodebek sudah mulus. 

“Kami menjajal kembali LRT hari ini dan laju kereta berjalan dengan mulus. Saya berhenti di Stasiun LRT Cikoko, di sini diproyeksikan akan sangat ramai karena merupakan perlintasan antarmoda seperti Transjakarta dan KRL Jabodetabek,” ucap Menhub Budi, dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.tv, Minggu (27/8/2023). 

Budi juga mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal mendirikan sejumlah fasilitas pendukung di Stasiun Cikoko, di antaranya fasilitas park and ride. 

“Pengoperasian LRT Jabodebek ini nantinya akan dilakukan secara konservatif. Artinya, jumlah perjalanan akan terus ditingkatkan secara bertahap,” katanya.

Baca Juga: LRT Jabodebek Beroperasi Mulai Besok, Simak Cara Bayar Tiketnya

Seperti diberitakan Kompas.tv sebelumnya, LRT Jabodebek akan mulai beroperasi pada Senin besok. 

LRT Jabodebek akan beroperasi penuh setiap hari pada pukul 05.00 WIB hingga 23.30 WIB. LRT Jabodebek akan melayani penumpang dalam 434 perjalanan dengan 27 rangkaian kereta.

Rute LRT Jabodebek dibagi ke dalam dua line yang akan berhenti di 18 stasiun pemberhentian. Line Cibubur akan melewati Stasiun Dukuh Atas - Cawang - Stasiun Harjamukti. Sedangkan Line Bekasi melewati Stasiun Dukuh Atas - Cawang - Stasiun Jatimulya.

Nantinya, LRT Jabodetabek akan memiliki total 27 kereta per train set. Rencananya, pada tahap awal operasi akan dioperasikan sebanyak 10 hingga 12 kereta/train set dan akan terus ditingkatkan jumlahnya dengan memperhatikan animo masyarakat.

Pada Oktober 2023, ditargetkan seluruh kereta telah dioperasikan.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x