Kompas TV regional berita daerah

Pemkab Situbondo Gelar Lomba Meracik Kopi Kayumas dengan Teknik Brewing V60

Kompas.tv - 4 September 2023, 22:06 WIB
Penulis : KompasTV Jember

SITUBONDO, KOMPAS.TV -  Pemerintah Kabupaten Situbondo Jawa Timur menggelar festival kopi selama 2 hari dengan mendatangkan sejumlah barista. Mereka diminta beradu keahlian mengolah kopi khas Situbondo, yakni kopi kayumas dengan teknik brewing v60.

Festival kopi dan tembakau digelar di Alun – alun Kota Situbondo, pada Sabtu dan Minggu (2-3/9/2023). Salah satu yang menarik adalah lomba brewing kopi. Lomba ini diikuti oleh barista dari sejumlah kafe. Mereka beradu meracik kopi kayumas dengan teknik brewing, yakni teknik penyajian kopi secara manual tanpa menggunakan mesin espresso.

Lomba difokuskan pada teknik brewing dengan penyaringan filter v60. Peserta harus meracik kopi dengan disaring dan disiram air panas suhu 90 derajat. Hasilnya adalah kopi bersih ampas dengan citarasa nikmat. Juri menilai mulai dari kepiawaian teknik, kebersihan dan cita rasa yang dihasilkan.

Baca Juga: Parade Barista di Alun-Alun Jember, Promosikan Kopi Robusta Raung Argopuro

Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengatakan bahwa lomba ini digelar untuk meningkatkan minat pembeli kopi dan menarik investor kopi. Dalam festival ini, Pemkab memfasilitasi petani dan investor agar bisa bertemu dan bertransaksi langsung.

Kabupaten Situbondo diikenal dengan kopi kayumasnya. Kopi ini tumbuh subur di pegunungan kayumas. Kopi ini memiliki cita rasa khas banana.

 

#festivalkopi #kopikayumas #situbondo



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x