Kompas TV regional berita daerah

Kekeringan di Jember Meluas ke 8 Kecamatan, Sumur Kering dan Sulit Air Bersih

Kompas.tv - 20 September 2023, 19:27 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Musim kemarau membuat kekeringan yang terjadi di Jember Jawa Timur terus meluas hingga 8 kecamatan. Air sumur mengering meski telah dilakukan pengerukan sedalam 25 meter. Kini warga hanya mengandalkan bantuan air bersih dari pemerintah.

Kekeringan, salah satunya terjadi di Lingkungan Tegal Batu Kelurahan Patrang Kabupaten Jember. Ratusan sumur warga di kelurahan ini mengalami penurunan debit air. Kondisi air terus berkurang dan kotor sehingga warga kesulitan air bersih.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari, warga mengandalkan bantuan air bersih dan membeli mineral isi ulang. Di Lingkungan Tegal Batu Kelurahan Patrang, ada 150 kepala keluarga yang kesulitan air bersih.

Baca Juga: Kekurangan Air, Puluhan Hektar Tanaman Cabai Rusak, Petani Gagal Panen

Selain di Kecamatan Patrang, kekeringan juga terjadi di Kecamatan Kaliwates, Kalisat, Sukorambi, Ledokombo, Sumbersari, Arjasa dan Silo. Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah beserta Palang Merah Indonesia Jember bahu membahu membantu warga dengan mendistribusikan 15 ribu liter air bersih per hari.

 

#kekeringan #kemarau #krisisairbersih



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x