Kompas TV regional jabodetabek

Soal Krisis Air di Jakarta, Pj Gubenur Heru Budi Minta PAM Jaya Siapkan Reservoir, Ada di Mana Saja?

Kompas.tv - 23 September 2023, 05:30 WIB
soal-krisis-air-di-jakarta-pj-gubenur-heru-budi-minta-pam-jaya-siapkan-reservoir-ada-di-mana-saja
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bicara soal krisis air di Jakarta. (Sumber: Instagram @herubudihartono)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono angkat bicara soal krisis air bersih yang melanda sejumlah wilayah di DKI Jakarta, khususnya di kawasan Jakarta Barat dan Jakarta Utara,

Heru mengatakan, pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah meminta PAM Jaya untuk menyiapkan reservoir, tempat yang digunakan untuk menyimpan cadangan air.

“Dalam beberapa waktu dekat ini saya minta kemarin Dirut PAM Jaya sudah disiapkan reservoir. Ada di Marunda dan beberapa di Jakbar supaya masyarakat bisa tetap mendapatkan pelayanan air bersih,” kata Heru Budi di Jakarta, Jumat (22/9/2023).

Baca Juga: Warga Krisis Air Bersih Akibat Kali Bekasi Tercemar, Pemkot Janji Pipanisasi Air Baku jatiluhur

Keluhan mengenai krisis air bersih ini sudah muncul di sejumlah kelurahan. Heru bilang, keluhan muncul di 3-4 kelurahan yang berbeda-beda.

Dia menjelaskan, krisis air ini terjadi karena kemarau panjang yang menyebabkan berkurangnya bahan baku air bersih. Di musim kemarau ini, kebutuhan akan air bersih juga meningkat.

“Bahan baku berkurang, lantas ada beberapa memang kebutuhan meningkat. Saya minta PAM merealisasikan,” ucap Heru Budi, dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.


 

Sebelumnya, Direktur Utama PAM Jaya Arief Nasrudin mengatakan suplai air bersih dari Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Hutan Kota, Jakarta Barat, terganggu akibat kemarau panjang.

Hal ini membuat air hasil olahan yang akan didistribusikan tidak memenuhi standar Peraturan Kementerian Kesehatan Nomor 492 Tahun 2010. Suplai air yang mengandalkan IPA Hutan Kota pun tersendat.

Baca Juga: Dampak Kemarau Panjang, Warga Terpaksa Ambil Air Keruh hingga Minum Air Pohon Pisang

PAM Jaya mencatat, ada 18 kelurahan di Jakarta yang mengalami krisis air bersih, yakni Kelurahan Penjaringan, Pejagalan, Pluit, Kapuk, Kalideres, Rawa Buaya, Pegadungan, Cengkareng Barat.

Kemudian, Cengkareng Timur, Pegadungan, Semanan, Duri Kosambi, Wijaya Kusuma, Jelambar Baru, Kapuk Muara, Tegal Alur, Kamal, Kamal Muara, dan sekitarnya.

Tak hanya di wilayah DKI Jakarta, krisis air juga melanda kota tetangga, termasuk di daerah Bekasi dan Tangerang Selatan.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x