Kompas TV regional sulawesi

Pallu Basa, Kuliner Berkuah Khas Makassar

Kompas.tv - 10 Oktober 2023, 14:31 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Kota Makassar tak selalu identik dengan makanan lautnya, namun juga daging-dagingan. Selain coto, pallubasa juga jadi menu lain yang tidak bisa di lewatkan. Kuliner ini memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dari olahan daging pada umumnya.

Sekilas pallubasa terliaht mirip dengan coto Makassar. Kedua kuliner ini berbeda mulai dari proses pembuatan, bumbu yang digunakan, hingga proses menghidangkannya. Jika coto Makassar memiliki kuah yang dicampur dengan kacang tanah hingga lebih pekat dan kental. Sementara kuah pallubasa dicampur dengan serundeng atau kelapa parut sangrai yang menghasilkan perpaduan rasa gurih dan kaya rempah.

Sejarah pallu basa sudah ada sejak jaman belanda dan di kenal dengan nama tedong pallu basa atau kerbau yang di masak dengan kuah. Karena harga daging kerbau mahal, pallu basa dibuat menggunakan daging sapi seperti saat ini.

Warung pallubasa yang terletak di jalan printis kemerdekaan kota Makassar ini merupakan binaan dari badan amil zakat nasional kota Makassar. Mereka memberikan pendampingan serta bantuan modal usaha.

Keuntungan yang diperoleh warung pallubasa tamalanrea ini, 30 persen diantaranya diinfakkan dan disalurkan oleh baznas kota makassar.

 

#pallubasa
#citarasa
#kuliner



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x