Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Evakuasi Kereta Api Anjlok Kulon Progo Selesai, KA Bandara Yogyakarta Kembali Beroperasi

Kompas.tv - 18 Oktober 2023, 17:24 WIB
evakuasi-kereta-api-anjlok-kulon-progo-selesai-ka-bandara-yogyakarta-kembali-beroperasi
Seorang petugas berdiri di samping lokomotif penarik yang disiapkan untuk mengevakuasi gerbong Kereta Api (KA) Argo Semeru di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (18/10/2023). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Kereta api bandara Yogyakarta International Airport (YIA) sudah beroperasi kembali, Rabu (18/10/2023) usai insiden KA Argo Semeru yang anjlok di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tertangani.

Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Bandara Diah Suryandari menerangkan, perjalanan KA Bandara YIA yang pada Selasa (17/10/2023) dibatalkan seluruhnya, per Rabu (18/10/2023) sudah dapat beroperasi mulai keberangkatan pukul 16.52 WIB dengan kecepatan terbatas.

“Upaya normalisasi jalur dan perjalanan KA di petak Sentolo-Wates telah dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 6 Yogyakarta, dan KAI Bandara mulai membuka penjualan tiket serta menjalankan perjalanan KA Bandara YIA," kata Diah, Rabu, melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.tv.

Ia menambahkan, penumpang KA Bandara YIA dapat mengajukan pengembalian bea (refund) sebesar 100 persen, apabila bermaksud membatalkan perjalanannya di stasiun keberangkatan, di tengah perjalanan, atau mengalami penundaan hingga pembatalan keberangkatan.

Baca Juga: Imbas Kereta Anjlok di Kulon Progo Yogyakarta, KAI Setop Sementara KA Bandara YIA

Pengajuan refund dapat dilakukan di Stasiun keberangkatan KA Bandara YIA atau melalui e-mail info@railink.co.id dengan mencantumkan:

  • Nama
  • Nomor Telepon
  • Kode booking
  • Nama bank
  • Nomor rekening
  • Nama pemilik rekening
  • Jumlah Tiket

"Proses pembatalan tiket dapat dilaksanakan maksimal H+7 dari tanggal yang tertera di tiket. Sedangkan proses pengembalian biaya akan memakan waktu maksimal 30 hari kerja dari tanggal pengajuan," jelasnya.


Sebelumnya, KAI menyetop sementara operasional kereta api bandara YIA akibat insiden anjloknya KA Argo Semeru yang juga terserempet KA Argo Wilis pada Selasa (17/10/2023).

Diah menerangkan, pembatalan perjalanan sementara KAI Bandara YIA berlaku di seluruh jadwal perjalanan hingga jalur pada lintas tempat terjadinya kereta anjlok tersebut dapat dilalui kembali. 

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan Kereta Anjlok di Kulon Progo Yogyakarta Menurut Dirjen Perkeretaapian Kemenhub

Sebagaimana telah diberitakan Kompas.tv, pada Selasa siang pukul 13.15 WIB, rangkaian kereta api (KA) Argo Semeru dengan nomor registrasi KA 17 rute Surabaya Gubeng - Gambir anjlok di petak lintas antara Stasiun Sentolo - Wates KM 520+4, Kulon Progo, DIY.

Selang beberapa waktu kemudian, pada pukul 13.25 WIB, rangkaian KA 6 Argo Wilis datang dari arah barat dan menemper rangkaian KA Argo Semeru. 

Akibat insiden tersebut, jalur rel tempat kejadian tidak dapat dilalui KA dari kedua arah.

 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x