Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Viral! Kepala Desa Sawer Petani Tanam Padi di Musim Kemarau

Kompas.tv - 25 Oktober 2023, 14:25 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

GROBOGAN, KOMPAS.TV – Sejumlah petani disawer saat menanam padi di Desa Karang Pahing, Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Dalam video amatir, terlihat petani menerima saweran mulai dari Rp20.000 hingga Rp100.000 dari kepala desa.

Saweran diberikan sebagai bentuk rasa syukur atas dibukanya Waduk Kedung Ombo, sehingga sawah teraliri air. Selain itu, warga berbagi karena ikut bahagia atas aktivitas menanam padi di musim tanam padi pertama ini.
 

“Dalam rangka puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa kita memulai masa tanam tahap satu. Kekeringan ini termasuk cukup panjang, namun Alhamdulillah kemarin setengah bulan yang lalu aliran air dari Kedung Ombo sudah turun. Kita secepatnya mengolah lahan ini menjadi tanam tahap satu, kita juga berterimakasih kepada para petani, kita nyawer,” ujar Wuryanto, Pj Kades Karang Pahing.

Sudah sekitar satu pekan, Waduk Kedung Ombo sudah mulai dibuka kembali untuk mengaliri irigasi areal sawah di sekitar Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

#wadukkedungombo #petani #grobogan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x