Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Kerajinan Akar Jati Blora Tembus Pasar Eropa dan Amerika

Kompas.tv - 13 November 2023, 13:53 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BLORA, KOMPAS.TV - Melimpahnya limbah akar jati di Kabupaten Blora, Jawa Tengah dimanfaatkan dengan baik sejumlah perajin  akar jati. Salah satunya Ahmad Syaifudin ini. Limbah akar jati diolah menjadi sebuah bahan kerajinan bernilai ekonomi tinggi, seperti meja dan kursi.

Namun, seiring banyaknya permintaan, limbah akar jati tersebut juga banyak digunakan sebagai penyekat ruangan hingga aksesoris rumah. Achmad mengaku sudah menjadi perajin akar jati sejak delapan tahun terakhir. Dan ia lebih tertarik memilih limbah akar jati lantaran banyaknya bahan baku yang kurang dimanfaatkan. Saat ini kerajinan akar jati miliknya sudah tembus pasar luar negeri. Banyak permintaan datang dari Eropa dan Amerika.

“Jenis kerajinan banyak sekarang, ada display, penyekat ruangan, konsol, meja kopi dan masih banyak. Jualan itu lebih bagus dari agen, lalu dikirim keluar. Kebutuhan dari luar negeri sampai sekarang masih berjalan terus,” tutur Achmad.

Untuk harga satu buah kerajinan akar jati dijual antara Rp 1 juta hingga Rp 5 juta tergantung bentuk dan ukuran. Setiap bulannya Achmad mengaku mampu mendapat penghasilan hingga Rp50 juta.

#kayujati #akarjati #blora



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x