Kompas TV regional berita daerah

Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu 2024, KPU Pekalongan Libatkan Warga Disabilitas

Kompas.tv - 9 Januari 2024, 20:19 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Total ada 230 warga yang dilibatkan dalam proses sortir dan lipat surat suara Pemilu 2024 yang telah diseleksi sebelumnya. Warga mulai melakukan penyortiran surat suara di gudang KPU Kota Pekalongan sejak jam 08.30 pagi hingga jam delapan malam.

 

Surat suara yang lolos adalah yang cetakannya tidak ada kesalahan, warnanya jelas, tidak sobek maupun berlubang. Proses pelipatan dibagi dalam beberapa kelompok untuk memudahkan koordinasi dan pemantauan hasil kerja.

 

Dari 230 tenaga sortir lipat ini, ada sepuluh warga disabilitas tuna rungu dan tuna daksa dilibatkan dalam proses sortir dan lipat surat suara. Warga disabilitas yang dilibatkan wajib memenuhi syarat dalam kemampuan menyortir secara visual dan mampu melipat dengan baik.

 

KPU Kota Pekalongan menargetkan sortir dan lipat surat suara ini selesai dalam waktu sembilan hari. Hasil sortir lipat akan dievaluasi setiap dua hari untuk mengukur ketepatan target capaian sortir dan lipat surat suara.

 

Saat ini, KPU Kota Pekalongan sudah menerima lima jenis surat suara dengan total ada satu juta 176 ribu 193 surat suara yang harus dilipat. Mulai dari surat suara DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kota, DPD, dan Capres Cawapres.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x