Kompas TV regional jawa barat

Hari Ini Kata BMKG: Soal Cuaca di Bandung: akan Diguyur Hujan Ringan saat Pencoblosan Pemilu 2024

Kompas.tv - 14 Februari 2024, 04:00 WIB
hari-ini-kata-bmkg-soal-cuaca-di-bandung-akan-diguyur-hujan-ringan-saat-pencoblosan-pemilu-2024
Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum mendorong motor yang mogok akibat tidak mampu melewati genangan air setinggi setengah meter saat hujan deras mengguyur di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan, Sabtu (6/1/2024). Banjir terjadi di kawasan itu. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandung telah melakukan prakiraan cuaca untuk hari ini, Rabu (14/2) tepatnya saat Pemilu 2024 berlangsung. (Sumber: KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

BANDUNG, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandung telah melakukan prakiraan cuaca untuk hari ini, Rabu (14/2) tepatnya saat Pemilu 2024 berlangsung. 

Menurut prakiraan tersebut, di wilayah Bandung Raya diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas ringan.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas 1 Bandung BMKG, Teguh Rahayu, menjelaskan bahwa cuaca di wilayah Bandung Raya berpotensi mengalami hujan ringan dari pagi hingga siang hari. Suhu udara diprakirakan berkisar antara 18 hingga 31 derajat Celsius dengan tingkat kelembapan mencapai 60-98 persen.

"Untuk siang dan sore hari pada pukul 13.00 hingga 19.00 WIB berpotensi hujan sedang hingga lebat di sebagian wilayah Bandung Raya,” kata Teguh Rahayu di Bandung, Jawa Barat, Selasa.

Baca Juga: Penjelasan KPU Terkait Nasib Pemungutan Suara Pemilu 2024 di Wilayah Terdampak Banjir Demak

Selain itu, katanya lagi, angin diperkirakan akan bertiup dari arah barat daya hingga barat dengan kecepatan antara 5 hingga 35 kilometer per jam.

BMKG telah mengeluarkan peringatan dini mengenai potensi hujan lebat yang disertai dengan angin kencang dan petir menjelang siang hingga malam hari di wilayah Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kota Serang.

Teguh juga menegaskan bahwa potensi cuaca buruk tersebut pada sore hari dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, jalan licin, dan dampak kerusakan lainnya.

Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa pada bulan Februari, seluruh wilayah Bandung Raya diprediksi akan memasuki musim hujan. Potensi hujan tersebut dapat bervariasi mulai dari ringan, lebat, hingga disertai petir dan angin kencang.

"Puncak musim hujan di wilayah Jawa Barat diperkirakan pada Januari hingga Maret 2024," katanya.

Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem selama periode Februari hingga Maret 2024.

“Apabila terjadi cuaca ekstrem seperti hujan lebat dan angin kencang disertai kilat atau petir, segera menepi dan berlindung, menjauhi tebing jika berada di wilayah yang berbukit,” kata Teguh Rahayu dikutip dari Antara.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jakarta Hari Ini Selasa 13 Februari 2024, BMKG: Potensi Hujan dan Angin Kencang


 



Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x