Kompas TV regional sulawesi

Alquran Di Tulis Tangan Berusia 400 Tahun

Kompas.tv - 22 Maret 2024, 13:31 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAJENE, KOMPAS.TV - Jejak penyebaran agama islam masih dapat dijumpai di sejumlah daerah di Nusantara. di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, terdapat Alquran kuno yang ditulis tangan menggunakan tinta getah kayu berusia 400 tahun.

Jejak penyebaran agama islam sejak dahulu kala masih bisa dijumpai di sejumlah daerah di Nusantara, seperti di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat misalnya, terdapat Alquran kuno yang ditulis tangan dengan menggunakan tinta getah kayu oleh ulama penyebar agama islam dan masih terawat hingga kini. Alquran ini keluarkan hanya saat bulan ramadan dan maulid Nabi.

 

Peninggalan sejarah penyebaran agama islam di masa lampau masih terawat dengan baik. Salah satunya adalah Alquran kuno yang ditulis tangan oleh ulama penyebar islam. Alquran yang diwariskan secara turun temuirun ini tersimpan dan terawat dengan baik di rumah imam masjid Purbakala Salabose, di Kelurahan Pangaliali, Kecamatan Banggae, Majene.

Imam masjid Pubakala Salabose, Muhammad Gaus bilang, Alquran Ini ditulis tangan oleh Syekh Abdul Mannan pada tahun 1.600 an atau lebih dari 400 tahun lalu. Alquran ini disimpan dalam kotak kayu dan dikeluarkan saat awali bulan suci ramadan dan perayaaan maulid.  Alquran ini menjadi bukti sejarah penyebaran islam saat Syekh Abdul Mannan datang ke wilayah ini.

Sebagai sarana edukasi sejarah penyebaran agama islam, Alquran ini sekaligus wadah untuk syiar islam dan melestarikan peninggalan sejarah bagi generasi penerus bangsa.

#alquran

#tulisankuno

#sejarahislam



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x