Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Es Gempol Pleret, Takjil Segar yang Selalu Diburu

Kompas.tv - 26 Maret 2024, 12:27 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Es gempol pleret merupakan minuman tradisional khas Jawa Tengah yang mudah ditemui khususnya di Kota Semarang. Rasanya yang manis, segar, dan gurih menjadikan es gempol pleret cocok sebagai kudapan untuk berbuka puasa.

Keunikan dari es gempol pleret adalah isiannya yang terdiri dari dua jenis, yakni bola-bola tepung beras, bercita rasa gurih yang dinamakan gempol. Adonan tepung beras berwarna merah muda yang berbentuk pipih dengan rasa yang sedikit hambar yang dinamakan pleret. Kedua isian ini dipadukan dengan santan kelapa yang direbus bersama dengan daun pandan.

Minuman gempol pleret biasanya disajikan dingin dengan menambahkan es batu di dalamnya. Beberapa penjual memodifikasi es gempol pleret dengan menambahkan potongan roti di atasnya, kemudian menaburkan gula bubuk sebagai tambahan untuk memperkuat cita rasa manis.

Penjual es gempol pleret mudah ditemui di Kota Semarang seperti salah satunya di Jalan RA. Kartini, area sekitar Masjid Agung Jawa Tengah. Sore hari menjelang berbuka, banyak pemburu takjil yang datang ke sini untuk mencari kudapan yang cocok untuk berbuka puasa. Es gempol pleret menjadi salah satu pilihan takjil yang diburu oleh pembeli.

Pembeli menyampaikan alasan mereka memilih es gempol pleret sebagai sajian berbuka karena sensasi es gempol yang segar dan manis dan cocok diminum saat berbuka puasa.

“Kenapa milih es gempol pleret sebagai takjil karena aku suka minuman yang ada santannya. Es gempol ini kan minuman khas Semarang, jadi memang kebiasaan setiap Ramadan beli es gempol,” ujar Riska, pembeli.

Selain itu, membeli es gempol pleret setiap bulan Ramadan sudah menjadi kebiasaan bagi pembeli.

“Es gempol seger, kebetulan udah langganan lama juga sama bapak (penjual). Kalo berbuka pengennya yang segar-segar, es gempol pleret yang paling cocok karena segar dan manis,” ujar Tiya, pembeli.

Satu porsi es gempol pleret dijual dengan harga yang sangat murah yakni Rp 7.000 saja. Di bulan Ramadan, penjual es gempol pleret mulai berjualan pada sore hari.

#kulinerberbuka #takjil #sajianberbuka

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x