Kompas TV regional berita daerah

Sarung Tegal Tembus Pasar 3 Negara!

Kompas.tv - 26 Maret 2024, 16:48 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Pemilik usaha kain sarung Pohon Korma, Jamaludin Al Katiri, mengatakan bahwa pada Ramadan tahun ini, sarung asli buatan Kota Tegal, Jawa Tengah, telah menembus pasar di tiga negara: Saudi Arabia, Qatar, dan Yordania. Corak yang paling diminati adalah songket Turki.

 

Produk tersebut dibuat dengan bahan sutra sintetis atau buatan. Selain sarung, produk lain yang laris manis di negara-negara tersebut adalah kain kafan buatan Sarung Pohon Korma.

 

Jamaludin menyebutkan bahwa tahun lalu penjualan sarungnya sempat lesu akibat mahalnya biaya kontainer dampak perang Israel-Palestina. Penjualan berangsur membaik mulai Januari-Februari 2024, dan puncaknya pada Ramadan tahun ini. Penjualan kembali normal bahkan pasarnya meluas hingga ke Qatar dan Yordania.

 

Sementara itu, dalam negeri, Jamaludin mengatakan penjualan di bulan Ramadan juga sangat baik dan mengalami peningkatan drastis. Contohnya, penjualan melalui marketplace, biasanya hanya sebanyak 100-150 potong per hari. Pada Ramadan sekarang, pesanan mencapai 860 potong per hari. Pembeli memesan dari mulai 2 potong, 5 potong, hingga 100 potong.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x