Kompas TV regional jawa tengah dan diy

BI Jateng Tambah Lokasi Penukaran Uang di Stasiun Tawang dan Poncol Semarang

Kompas.tv - 27 Maret 2024, 22:50 WIB
bi-jateng-tambah-lokasi-penukaran-uang-di-stasiun-tawang-dan-poncol-semarang
Ilustrasi penukaran uang baru. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

SEMARANG, KOMPAS.TV - Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Tengah menambah dua lokasi penukaran uang di jalur mudik Lebaran 1445 Hijriah, yaitu di Stasiun Tawang dan Stasiun Poncol Semarang.

Kepala Perwakilan (KP) BI Jateng Rahmat Dwisaputra di Semarang mengatakan, pembukaan loket penukaran uang di dua stasiun itu termasuk dalam program BI Peduli Mudik.

Nantinya, dilansir dari Antara, operasional loket penukaran uang di dua stasiun di Kota Semarang itu hanya berlangsung selama dua hari, yakni pada 4-5 April 2024 untuk melayani pemudik yang menggunakan angkutan kereta api.

Rahmat menyatakan bahwa BI Jateng telah menyiapkan Uang Layak Edar (ULE) sebesar Rp 26,6 triliun melalui program Serambi 1445 Hijriah, dengan Rp 10,1 triliun disediakan khusus untuk Semarang dan sekitarnya.

Layanan ini akan tersedia di 91 titik penukaran uang mulai 25 Maret hingga 3 April.

Baca Juga: Beginilah Antusiasme Penukaran Uang Baru di Kantor Kompas Gramedia, Antrean Panjang Mengular!

Untuk mengendalikan inflasi, KPBI se-Jateng dan TPID telah melaksanakan GPM Serentak.

Termasuk penyaluran subsidi untuk beras, gula pasir, dan telur ayam ras dalam tiga tahap, dengan tahap ketiga dijadwalkan pada 2 April mendatang.

Menurutnya, dalam momentum Ramadhan dan Idul Fitri ini, BI Jateng akan terus mengawal stabilitas dan pertumbuhan ekonomi Jateng melalui berbagai program unggulan. 

Beberapa program yang akan dilaksanakan pada bulan April 2024 mencakup Peringatan Hari Kartini 2024 dengan kerja sama bersama Pemerintah Kabupaten Rembang, serta UMKM Gayeng 2024.

Selain itu, akan diadakan Central Java Investment Business Forum (CJIBF) 2024 bekerja sama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Jateng.

"Penguatan sinergitas dan koordinasi bersama Pemerintah Daerah terus dilakukan untuk mendukung pencapaian pertumbuhan ekonomi yang semakin solid," ucap Rahmat. 

Baca Juga: Lokasi Penukaran Uang Baru di Solo via Bank BRI, Mandiri, BCA hingga BTN di Masa Lebaran 2024



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x