Kompas TV regional berita daerah

PMI Gelar Edukasi Dan Simulasi Bagi Kaum Disabilitas

Kompas.tv - 28 Maret 2024, 16:00 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Dalam upaya mencegah dan kesiapsiagaan terhadap bencana alam. PMI Kota Sukabumi menggelar edukasi dan simulasi bagi kaum disabilitas di Sekolah Luar Biasa A Budi Nurani, Kota Sukabumi. Simulasi kesiapsiagaan bencana alam ini dilakukan dalam upaya mencegah dan memberikan keahlian cara berlindung dari bahaya gempa saat berada di Ruangan bagi Siswa Disabilitas. Selain menyelamatkan diri, para Siswa Disabilitas ini juga diberikan pelatihan membantu mengevakuasi Korban dan memberikan perlindungan. Pelatihan ini diberikan untuk para Guru agar mengetahui cara pertolongan Pertama dan membawa Korban yang terkena bencana keluar dari Lokasi berbahaya.

Pelatihan ini pun mendapat respon positif, karena selama ini Siswa Disabilitas tidak pernah mendapat pengetahuan terkait kesiapsiagaan bencana. Seperti salah Satu Siswa Siti Nuraizah mengatakan, baru Pertama kali dan jadi motivasi biar kedepannya bisa dipraktekan. Tadi diajarkan cara melindungi diri, mengevakuasi dan keluar dari Ruangan.

Sedangkan Petugas PMI Kota Sukabumi, Dinar Muhamad mengatakan, informasi yang disampaikan kepada mereka yaitu bahwa disabilitas ini skala prioritas ketika terjadi bencana untuk segera dievakuasi. Dalam simulasi ini, selain pelatihan menyelamatkan diri, mereka juga diberikan latihan evakuasi jika terdapat Korban.

Pelatihan atau Simulasi Bencana Alam ini rencananya akan digelar secara berkala, agar mereka memiliki kemampuan untuk menyelamatkan diri secara mandiri.

 

Sahabat Kompas TV Sukabumi! Jangan lupa like, comment, dan subscribe channel YouTube Kompas TV Sukabumi, juga aktifkan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan update mengenai isu-isu terkini di Indonesia.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live.

Sosial Media Kompas TV Sukabumi:
YouTube : https://www.youtube.com/c/KompasTVSukabumi/videos
Instagram : https://www.instagram.com/kompastvsukabumi
Facebook : https://www.facebook.com/redaksikompastvsukabumi
Twitter : @ktvsukabumi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x