Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Gandos, Jajanan Tradisional Murah yang Masih Bertahan

Kompas.tv - 14 Mei 2024, 11:06 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Dari beragam jajanan tradisional di Kota Semarang, ada satu jajanan yang rasanya enak dan gurih, yaitu gandos. Di tengah gempuran jajanan kekinian, gandos masih banyak dicari karena untuk bisa mencicipi jajanan tradisional ini, tak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Gandos merupakan jajanan tradisional yang empuk dan rasanya gurih khas kelapa. Jajanan tradisional ini memiliki bentuk setengah lingkaran mirip dengan bulan sabit.

Jika ingin mencicipi gandos di Kota Semarang, anda bisa mampir di Jalan Lampersari, Peterongan, Kota Semarang. Namanya Gandos Pak Marwan.

Setiap hari, Pak Marwan berjualan gandos dari pukul 7 pagi hingga siang hari. Gandos Pak Marwan ini sudah berjualan sekitar 7 tahun dan memiliki banyak pelanggan.

Jajanan tradisional ini diolah sangat singkat karena cepat matang. Adanya campuran kelapa itulah yang membuat rasa gandos menjadi gurih dan aromanya sedap. Di dalam adonan gandos diberi sedikit garam, agar ada rasa asin yang semakin menggugah selera untuk menikmatinya. Setiap pembeli yang datang, dipastikan akan mendapat gandos yang masih hangat agar pembeli bisa mendapatkan jajanan yang langsung dari panggangan.

"Cara membuatnya, ya tepung sama kelapa diaduk sampai merata dan ditambah air dan garam secukupnya. Jualan dari jam 7 pagi sampai jam 12 siang kalau ramai, kalau sepi sampai jam 4 sore. Pembeli beragam, ada anak kecil dan orang tua," tutur Marwan.

Pelanggan yang membeli jajanan gandos milik Pak Marwan cukup beragam, tak hanya dari kalangan tua saja namun juga kaum milenial. Salah satu pembeli jajanan gandos ini adalah Anton, ia tak sengaja lewat dan melihat jajanan gandos pun tertarik untuk membeli.

"Rasanya autentik, membuat nostalgia sewaktu kecil karena dulu saya suka beli jajanan ini di pasar. Apalagi sekarang kan lumayan susah cari jajanan tradisional kaya gini. Tadi gak sengaja lewat terus ketemu bapak ini jualan gandos," ucap Anton, pembeli.

Dalam satu hari, Pak Marwan dapat menjual sekitar 2,5 kilogram adonan gandos. Di pagi hari, Pak Marwan akan mempersiapkan semua adonan dan memasak di tempat dengan menggunakan tungku cetakan dan menjualnya hingga habis di hari yang sama.

Pak Marwan juga manawarkan varian rasa manis dengan menyertakan bungkusan gula halus, yang nantinya bisa ditaburkan di bagian atas gandos. Jika ingin mencicipi jajanan tradisional ini, para pembeli tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena harga satu porsi mulai dari Rp 10.000 isi 10 biji gandos hingga Rp 20.000 isi 20 biji gandos.

#gandos #jajanantradisional #kotasemarang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x