Kompas TV regional jawa barat

Pakar Pemerintahan: Sudah Saatnya Ormas Bersinergi Bersama Pemerintah Daerah

Kompas.tv - 16 Mei 2024, 10:47 WIB
pakar-pemerintahan-sudah-saatnya-ormas-bersinergi-bersama-pemerintah-daerah
 
Penulis : KompasTV Bandung

KAB,BANDUNG. KOMPAS.TV - Pakar pemerintahan dari Universitas Nurtanio, Djamu Kertabudi memberikan pandangannya bahwa sudah saatnya ormas bersinergi bersama pemerintah dalam mendukung pembangunan demi tercapainya tujuan negara. Hal ini ia sampaikan pada acara Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Tahun 2024 dengan tema "Melalui Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan Kita Perkuat Peran Organisasi Masyarakat dalam Rangka Mewujudkan Kabupaten Bandung Bedas 2024" pada Rabu (15/05/2024) di Hotel Sutan Raja, Kabupaten Bandung.

Di hadapan 200 peserta yang mewakili 100 Ormas di wilayah Kabupaten Bandung, Djamu menekankan peran strategis ormas sebagai wadah aspirasi masyarakat dalam mengawal pembangunan daerah.

“Pada forum ini masyarakat dipandang sebagai pemangku kepentingan yang sederajat dengan unsur-unsur lainnya, sehingga ormas bisa mengutarakan aspirasi masyarakat langsung kepada pemerintah dalam rangka mengawal pembangunan daerah,” jelasnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Bupati Bandung, Dadang Supriatna dalam sambutannya menegaskan bahwa ormas memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional sebab menurutnya ormas merupakan salah satu wadah dalam menjalankan kebebasan berpendapat, berserikat, dan berkumpul sesuai dengan amanah undang-undang.

Ia menilai pembinaan ormas ini selain menjadi agenda rutin juga untuk menyamakan persepsi dan meningkatkan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Bandung dengan ormas dalam mendukung visi dan misi Kabupaten Bandung Bedas.

"Saya berharap ke depannya, akan lahir ormas yang mandiri, peka terhadap masalah-masalah masyarakat, mampu mengaktualisasikan aspirasi masyarakat serta mendukung visi-misi Pemkab Bandung untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang semakin berkualitas dan sejahtera," lanjutnya.

 

 

Bambang Sukmawijaya, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bandung yang turut hadir pada acara yang sama juga menekankan pentingnya pemahaman mendalam mengenai tugas pokok dan fungsi ormas di masyarakat.

"Dengan adanya kegiatan ini saya harap dapat memberikan pemahaman lebih lanjut kepada organisasi kemasyarakatan mengenai tugas pokok dan fungsi sebagai organisasi masyarakat serta dapat mewujudkan sinergitas dan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Bandung dengan organisasi kemasyarakatan," ujar Bambang.

Menurutnya, ormas adalah salah satu unsur penting dalam pembangunan nasional yang harus dibina agar dapat mendampingi dan mendukung pembangunan di Kabupaten Bandung.

 

"Melalui pembinaan ini, selain untuk memperkecil peluang terjadinya konflik di bidang sosial politik juga dapat memelihara stabilitas daerah yang sehat dan dinamis," tambahnya.

Kegiatan ini, imbuhnya, merupakan salah satu upaya meningkatkan peran aktif dan sinergitas antara ormas dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan stabilitas daerah yang sehat.

 

 

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, 
bisa klink link di bawah: 
IG : https:https://www.instagram.com/kompastvjabar/
Youtube : https://www.youtube.com/@KompasTVJawaBarat
Twitter : https://twitter.com/kompastv_jabar
Facebook : https://www.facebook.com/KompasTVJawaBarat
TikTok: https://www.tiktok.com/@kompastvjabar

 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x