Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Mulai Hari Ini! PDI-P Buka Pendaftaran Bakal Calon Gubernur Jateng, Ditutup 28 Mei 2024

Kompas.tv - 22 Mei 2024, 06:00 WIB
mulai-hari-ini-pdi-p-buka-pendaftaran-bakal-calon-gubernur-jateng-ditutup-28-mei-2024
Ketua Komisi III DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (12/7/2022). (Sumber: KOMPAS.com/NICHOLAS RYAN ADITYA)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

SEMARANG, KOMPAS.TV - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Jawa Tengah atau Jateng akan membuka pendaftaran bakal calon gubernur (bacagub) dan bakal calon wakil gubernur (bacawagub) untuk Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jateng 2024.

Ketua DPD PDI-P Jateng Bambang Wuryanto mengatakan, pendaftaran bacagub dan bacawagub Jateng serta pengambilan formulir dibuka mulai hari ini, Rabu (22/5/2024) dan akan ditutup pada Selasa (28/5) pekan depan.

Adapun, pengembalian formulir dapat dilakukan pada 23-30 Mei 2024.

Baca Juga: Ditanya Raffi Ahmad akan Maju di Pilkada Jateng, Gibran Beri Senyum

"Tempat pengambilan dan pengembalian di Kantor DPD PDI Perjuangan Jateng, Jalan Brigjen Katamso Kota Semarang," kata pria yang akrab disapa Bambang Pacul itu, Selasa (21/5/2024), dikutip dari Antara.

Bambang menjelaskan, pengambilan formulir dapat dilakukan oleh bakal calon maupun diwakilkan oleh orang lain dengan membawa surat kuasa. Sementara, pengembalian formulir harus dilakukan langsung oleh bakal calon dan tidak dapat diwakilkan.

Ia mengimbau agar bakal calon wajib memenuhi seluruh persyaratan yang ada sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.

Selanjutnya, seluruh nama pendaftar akan dibahas pada rapat pleno dan dilaporkan ke DPP PDI-P.

Bambang Pacul memastikan bahwa pengambilan dan pengembalian formulir pendaftaran calon kepala daerah tersebut tidak ada pungutan biaya alias gratis.

Ia menegaskan bahwa PDI Perjuangan Jateng tidak bertanggung jawab atas komunikasi informal yang mengatasnamakan partai untuk meminta sumbangan dalam bentuk apa pun kepada pendaftar.

Baca Juga: Golkar Buka Kemungkinan Raffi Ahmad Berpasangan dengan Ridwan Kamil di Pilkada

Bursa cagub Jateng

Melansir pemberitaan Kompas.com, sejauh ini sudah ada sejumlah nama yang digadang-gadang akan berkontestasi dalam Pilkada Jateng 2024.

Bupati Kendal Dico Ganinduto dan artis Raffi Ahmad dilirik oleh Partai Golkar untuk maju di Pilkada Jateng 2024. Namun demikian, Golkar masih menunggu hasil survei untuk memasangkan dua nama tersebut.

Nama Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi juga dilirik DPD Golkar Jateng untuk dicanangkan menjadi bakal calon gubernur.

Selain itu, Ketua DPW PKB Jateng, Muhammad Yusuf Chudlori alias Gus Yusuf juga telah resmi diusung oleh PKB untuk maju di Pilkada Jateng 2024.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x