Kompas TV regional jawa barat

Pegi Disebut jadi Kambing Hitam dalam Kasus Vina Cirebon, Polisi Imbau Masyarakat Tak Terpancing

Kompas.tv - 23 Mei 2024, 16:47 WIB
pegi-disebut-jadi-kambing-hitam-dalam-kasus-vina-cirebon-polisi-imbau-masyarakat-tak-terpancing
Pegi Setiawan alias Pegi Perong, sosok terduga pelaku pembunuh Vina dan pacarnya, Eki yang sempat buron selama 8 tahun dan baru ditangkap di Bandung, Jawa Barat pada Selasa (21/5/2024). (Sumber: tribunnews.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polisi merespons isu yang beredar yang menyebutkan bahwa Pegi Setiawan alias Pegi Perong, buron kasus pembunuhan Vina yang baru-baru ini ditangkap, disebut sebagai kambing hitam.

Hal itu terungkap dalam foto tangkapan layar percakapan grup Telegram bernama “KAWAL KASUS VINA” yang beredar di media sosial dan salah satunya diunggah oleh akun X @ohoxnya2.

Akun bernama Agus menyebutkan bahwa Pegi merupakan tukang bakso yang dijadikan kambing hitam oleh polisi dalam kasus ini.

Baca Juga: Heboh, Pegi Disebut Jadi Tukang Bakso di Bandung, Polisi: Jangan Dipercaya, Hoaks!

Itu tukang bakso langganan gua di Bandung Palem Raya. Heran pantes akhir2 ini kagak jualan ternyata dijadiin kambing hitam. Namanya Bang Mamut umur 35-38 kalau ga salah ya, orangnya baik. Gua dengar-dengar dia dibikin identitas Egi Polisi ni licik guys," demikian pesan dalam grup tersebut.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Jabar Kombes Pol Surawan meminta agar masyarakat tidak memunculkan spekulasi liar dan tidak mudah tergiring opini serta informasi yang belum bisa dipastikan kebenarannya.

“Tidak usah terpancing dengan opini-opini,” kata Kombes Surawan, Kamis (23/5/2024), seperti dikutip dari Tribun Jabar.

Selain itu, publik juga menyoroti perbedaan bahwa ciri-ciri Pegi yang disebut dalam daftar pencarian orang (DPO) dengan foto yang baru-baru ini dirilis polisi.

Dalam ciri-ciri yang diumumkan dalam DPO, Pegi memiliki rambut keriting, sedangkan dalam foto yang dirilis, pria itu memiliki rambut lurus.

Terkait hal itu, Surawan tidak mau berkomentar lebih jauh. Ia menegaskan bahwa pihaknya tengah berfokus memeriksa Pegi.

Diketahui, Vina dibunuh oleh 11 anggota geng motor pada 27 Agustus 2016 lalu. Sebanyak 8 pelaku kini telah ditangkap dan diadili, sedangkan 3 orang menjadi buron.

Baca Juga: Kuasa Hukum Keluarga Vina soal Penangkapan Pegi Setiawan alias Perong: Ini Kok Cepat Ditangkapnya

Adapun delapan tahun berlalu, kasus Vina kembali ramai usai kasusnya diadaptasi ke dalam film berjudul 'Vina: Sebelum 7 Hari' yang tayang mulai 8 Mei 2024 di bioskop. Publik mendesak polisi untuk segera menangkap buron.

Kemudian pada Selasa (21/5), jajaran Polda Jawa Barat berhasil menangkap 1 buron atas nama Pegi. Saat ini, Pegi telah ditetapkan sebagai tersangka dan diduga menjadi otak pembunuhan Vina dan Eki.

Dengan ditangkapnya Pegi, masih ada dua buron kasus Vina yang berkeliaran, yakni Dani (28) dan Andi (31). 


 



Sumber : Tribun Jabar, Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x