Kompas TV regional bali nusa tenggara

Ini Penyebab Air Danau Kelimutu Berubah Warna dari Merah ke Cokelat Kehitaman

Kompas.tv - 23 Mei 2024, 20:30 WIB
ini-penyebab-air-danau-kelimutu-berubah-warna-dari-merah-ke-cokelat-kehitaman
Danau Kelimutu berubah warna dari merah menjadi cokelat kehitaman. (Sumber: Dok. BTNK Kelimutu via Kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

ENDE, KOMPAS.TV - Balai Taman Nasional Kelimutu dan Tim Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Kelimutu mencatat adanya perubahan warna air pada Danau Kelimutu di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Diketahui, Danau Kelimutu diketahui terdiri dari tiga bagian danau kawah dengan warna air yang berbeda-beda. Danau yang berwarna biru disebut Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, warna merah disebut Tiwu Ata Polo, sedangkan yang berwarna putih disebut Tiwu Ata Mbupu.

Berdasarkan pantauan, air di Tiwu Ata Polo mulai mengalami perubahan sejak tanggal 14 Mei 2024, dari merah ke hijau kebiruan. 

Baca Juga: Korban Banjir Lahar Hujan Gunung Marapi Minta Relokasi ke Tempat Aman

Pada 16 Mei, air berubah menjadi warna hijau. Besoknya, pada 17 Mei, air berubah dari hijau ke hijau tua dan tidak mengalami perubahan hingga 20 Mei.

Namun, pada 21 Mei, air berubah menjadi warna hijau kecokelatan. Keesokan harinya, pada 22 Mei, air berubah menjadi cokelat kehitaman.

Petugas memastikan bahwa hanya air di Tiwu Ata Polo yang mengalami perubahan warna, sedangkan air di Tiwu Nuwa Muri Koo Fai dan Tiwu Ata Mbupu tidak berubah.

Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Muhammad Wafid menjelaskan bahwa terdapat sejumlah faktor yang menyebabkan berubahnya warna air danau.

Faktor tersebut seperti curah hujan yang tinggi hingga perubahan komposisi air danau akibat pelarutan batuan yang dapat mengubah warna air menjadi kebiruan, kehijauan, atau cokelat kehitaman.

"Namun faktor-faktor yang memicu proses perubahan warna tersebut belum diketahui secara pasti, apakah karena pengenceran (sebaliknya) perubahan suhu maupun pengaruh konveksi naiknya gas dari bawah permukaan," ujar Wafid, Kamis (23/5/2024), seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Presiden Jokowi Beri Bantuan bagi Korban Bencana Banjir Lahar Hujan Gunung Marapi

Wafid menyebut, perubahan warna air danau pernah terjadi di danau kawah Tiwu Ata Polo pada Desember 2018 hingga Januari 2019.

Kala itu, air berubah warna dari hijau kebiruan menjadi hijau, kemudian dari hijau tua kembali menjadi hijau.

"Pada 17 Mei 2024 air kawah berubah berwarna hijau, dan pada 22 Mei 2024 terjadi perubahan warna menjadi coklat kehitaman," terangnya.


 

 



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x