Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Penemuan Fosil Gading Gajah Purba Sepanjang 1,5 Meter

Kompas.tv - 27 Mei 2024, 13:11 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BLORA, KOMPAS.TV - Sebuah fosil gading gajah purba ditemukan di Sungai Bengawan Solo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Fosil gading gajah tersebut ditemukan seorang pemancing tertimbun bebatuan sedimentasi sungai.

Fosil gading gajah purba sepanjang 1,5 meter tersebut ditemukan tertimbun diantara bebatuan sedimentasi sungai yang mulai menyusut. Fosil ini ditemukan pertama kali oleh seorang warga yang sedang memancing.

Untuk menghindari kerusakan, gading gajah purba tersebut selanjutnya dibawa  petugas dari Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora untuk dilakukan ekskavasi atau pencatatan sisa sisa arkeologis. Diperkirakan fosil gading gajah purba ini berusia 200 ribu tahun.

“Ada laporan dari warga tentang adanya fosil gading purba di Desa Ngloram, Kecamatan Cepu. Dari laporan tersebut, kami cek lokasi dan benar memang ada fosil gading purba. Kemudian kami bersama tim penyelamatan cagar budaya melakukan ekskavasi untuk pengangkatan fosil tersebut,” tutur Suyanyo Susilo, pamong budaya Dinporabudpar Kabupaten Blora.

Sungai Bengawan Solo di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, sendiri diperkirakan menjadi habibat hewan purba pada zaman dulu. Penemuan ini bukan pertama kalinya terjadi, karena sebelumnya juga pernah ditemukan fosil gajah purba lengkap yang diperkirakan berusia ratusan ribu tahun.

#fosil #bengawansolo #penemuanfosilpurba



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x