Kompas TV regional sulawesi

Petani Gunakan Jasa Penyemprotan Pestisida Dengan Drone

Kompas.tv - 27 Mei 2024, 16:54 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

SIDRAP, KOMPAS.TV - Petani di Sulawesi Selatan kini mulai ber-alih menggunakan penyemprotan pestisida menggunakan pesawat nir-awak alias drone. Tingginya permintaan, membuat jasa penyewaan drone pun laris manis.

Pesawat nir-awak alias drone penyemprot pestisida kini mulai banyak di gunakan petani. Di Kabupaten Sidrap dan Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan misalnya, jasa penyemprotan ini pun kian di lirik. 

Banyak petani di dua daerah ini perlahan mulai beralih menggunakan jasa penyemprotan pestisida dengan drone. Selain lebih mudah, waktu penyemprotan yang relatif singkat jadi keuntungan tersendiri bagi para petani.

Tingginya permintaan membuat para penyedia jasa semprot hama dengan drone kebanjiran pesanan. Mereka bahkan memberikan kemudahan dalam pembayaran termasuk bayar setelah panen.

Harga sewa drone yang dinilai masih mahal, jadi salah satu penghambat penggunaan teknologi ini di bidang pertanian. Saat ini, sewa drone sekitar tiga juta rupiah untuk satu petak sawah, dinilai masih memberatkan petani.

Petani kin berharap ada penurunan harga sewa drone, agar mengurangi beban petani. Pasalnya, teknologi drone untuk pertanian cukup membantu mereka dalam mengelolah persawahan tanaman padi, apalagi dua daerah ini jadi salah satu lumbung padi Di Sulawesi Selatan.

#drone

#penyemprotan

#pestisida



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x