Kompas TV regional sulawesi

Sebagai Evaluasi dan Peningkatan Kualitas Pelayanan, Kejati Gorontalo Gelar Forum Konsultasi Publik

Kompas.tv - 29 Mei 2024, 09:33 WIB
sebagai-evaluasi-dan-peningkatan-kualitas-pelayanan-kejati-gorontalo-gelar-forum-konsultasi-publik
Kejaksaan Tinggi Gorontalo menggelar dan membuka forum Konsultasi publik untuk masyarakat sebagai ajang dialog dan diskusi secara partisipatif antara penyelenggara layanan publik dengan masyarakat umum (Sumber: Kompas Tv Gorontalo)
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO, KOMPAS.TV - Kejaksaan Tinggi Gorontalo menggelar dan membuka forum Konsultasi publik untuk masyarakat sebagai ajang dialog dan diskusi secara partisipatif antara penyelenggara layanan publik dengan masyarakat umum. Forum Konsultasi publik ini pun diharapkan memberikan solusi serta sebagai bahan evaluasi penyelenggara layanan publik untuk lebih meningkatkan kualitas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo, Purwanto Joko Irianto mengungkapkan forum Konsultasi publik yang digelar oleh Kejaksaan Tinggi Gorontalo pada Selasa, 28 Mei 2024 ini akan memberikan banyak dampak positif terhadap kualitas pelayanan publik di Kejaksaan Tinggi Gorontalo. Secara umum, forum Konsultasi publik sendiri akan mampu menyelaraskan kemampuan penyelenggara layanan den apa yang diharapkan masyarakat atau untuk meminimalisir dampak kebijakan yang berpotensi merugikan masyarakat umum.

"Selain itu, forum Konsultasi publik juga tentu akan memberikan dampak yang positif kepada para penyelenggara layanan. Mulai dari mendapatkan masukan dari masyarakat, sebagai sarana untuk mengajak atau mendidik masyarakat untuk lebih mengetahui kebijakan yang ditetapkan oleh penyelenggara layanan. Bahkan forum Konsultasi publik ini juga akan menjadi bahan monitoring dan evaluasi bagi penyelenggara layanan," Ungkap Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo, Purwanto Joko Irianto, (28/05/2024).

Sementara itu, dengan adanya forum konsultasi publik yang dibuka oleh Kejaksaan Tinggi Gorontalo ini, masyarakat menjadi memperoleh ruang partisipasi serta mendapat pengetahuan terkait berbagai kebijakan yang ada. Bahkan masyarakat juga bisa memperoleh kepastian layanan melalui pengawasan yang dilakukan.

Kajati Gorontalo juga mengatakan, Forum Konsultasi publik ini sejatinya untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat dan untuk menyelaraskan antara harapan publik dengan kemampuan penyelenggara layanan.

"Hari ini kami satuan kerja Kejaksaan Tinggi Gorontalo kembali menyelenggarakan forum Konsultasi publik sebagai amanah dari peraturan yang ada. Yang pertama telah kita laksanakan pada tahun 2022 kemarin. Bahkan pada tahun 2019, satuan kerja Kejaksaan Tinggi Gorontalo telah memperoleh predikat sebagai wilayah bebas dari korupsi," Pungkas Kajati Gorontalo.

Disamping itu, pada tahun 2024 ini, Kejaksaan Tinggi Gorontalo tengah membangun zona integritas guna memperoleh predikat sebagai wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM).

Lebih lanjut, Kajati Gorontalo mengungkapkan bahwa forum Konsultasi publik merupakan upaya untuk membangun sistem penyelenggara pelayanan publik yang adil, transparan dan akuntabel.

"Sekarang ini masyarakat banyak yang berpendapat bahwa pelayanan publik di Indonesia masih jauh dari harapan dan bukanlah perkara muda dalam pelaksanaannya. Karena memang harus melewati banyak pintu atau banyak meja, sehingga pelayanan publik yang mudah dan nyaman menjadi sesuatu yang sulit. Sehingga kita perlu beri kesempatan pada masyarakat untuk memberikan usul dan masukan," Tegas Purwanto Joko Irianto.

 

#kejatigorontalo

#gorontalo



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x