Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Kemenag Kota Semarang Lakukan Penyesuaian Arah Kiblat

Kompas.tv - 29 Mei 2024, 10:04 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Peristiwa Rashdul Qiblah atau fenomena saat matahari melintas tepat di atas Ka'bah, dimanfaatkan Kementerian Agama Kota Semarang untuk melakukan pengukuran arah kiblat dengan alat sederhana.

Pengukuran arah kiblat tersebut dilakukan di Mushola Al Ikhlas Kantor Kementerian Agama Kota Semarang. Dengan menggunakan alat sederhana, sejumlah pegawai kementerian agama melakukan pengukuran kiblat pukul 16.18 WIB dengan mengambil bayangan tali yang terkena sinar matahari.

Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang, Ahmad Farid menegaskan kegiatan ini digelar dalam rangka adanya peristiwa Rashdul Qiblah atau fenomena saat matahari melintas tepat di atas Ka'bah. Kegiatan ini bertajuk hari sejuta kiblat yang diikuti oleh masyarakat umum.

“Penyesuaian arah kiblat ini, umat Islam diberikan kesempatan untuk menyesuaikan arah kiblat agar ibadah salat kita benar-benar menghadap Baitullah. Menurut penghitungan tata surya, matahari saat ini tepat diatas Ka'bah. Kemenag mendorong dan menggerakan elemen masyarakat agar momen ini digunakan sebaik mungkin,” tutur Ahmad Farid.

Dari hasil pengukuran arah kiblat ini arah kiblat Mushola Al Ikhlas di Kemenag Semarang berubah 28 derajat ke kanan. Sejumlah pegawai pun langsung mengubah arah kiblat pada mushola tersebut.

#kiblat #kemenag #mataharidiataskabah



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x