Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Golkar Usung Anak Akbar Tandjung di Pilkada Solo: Sudah Ada Penunjukan

Kompas.tv - 29 Mei 2024, 20:35 WIB
golkar-usung-anak-akbar-tandjung-di-pilkada-solo-sudah-ada-penunjukan
Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Surakarta Taufiqurrahman, di Solo, Jawa Tengah, Rabu (29/5/2024). (Sumber: Antara/Aris Wasita)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

SOLO, KOMPAS.TV - Partai Golongan Karya (Golkar) mengusung Sekar Krisnauli Tandjung, putri politikus Akbar Tandjung, di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Surakarta 2024.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Surakarta Taufiqurrahman di Solo, Jawa Tengah, Rabu (29/5/2024).

Menurut Taufiqurrahmanm pihaknya tidak akan membuka pendaftaran untuk penjaringan internal. Sebab sudah ada penunjukan dari partai. "Masalahnya, Golkar itu sudah lebih dari setahun sudah ada penunjukan,” ucapnya, dikutip Antara.

Baca Juga: Analisis Pengamat Politik Terkait Peluang Sejumlah Debutan di Bursa Pilgub Jawa Tengah

“Sudah ada personel yang ditunjuk oleh DPP untuk menjadi kandidat, untuk berusaha melakukan lobi-lobi khusus di daerahnya masing-masing,” ucapnya.

Ia menyebut sudah ada dua orang yang mendapatkan penugasan utuk Pilkada Kota Solo 2024, yakni Ketua DPD Partai Golkar Surakarta Sekar Tandjung dan Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Aris Munandar.

Pihaknya, lanjut dia, sudah melakukan rapat pleno beberapa hari lalu, dan keduanya pun telah menyatakan sikapnya masing-masing.

“Pak Aris Munandar menyatakan sikap bahwa beliau mendukung Mbak Sekar untuk maju sehingga saat itu kami tanya Mbak Sekar dan setuju," katanya.

Dengan demikian, pada kontestasi Pilkada Surakarta 2024, pihaknya hanya mendukung, mengusung dan mengajukan satu nama, yakni Sekar Tandjung.

"Mbak Sekar akan all out untuk ikut di dalam kontestasi Pilkada 2024," katanya.

Meski sudah pasti akan mengusung Sekar, ia belum memastikan apakah nantinya akan maju sebagai calon wali kota atau calon wakil wali kota.

Baca Juga: DPD PKS Solo Siapkan 14 Nama sebagai Calon Wali Kota Pengganti Gibran Rakabuming Raka! Siapa Saja?

"Masalah AD 1 atau AD 2 kalau surat tunjukkan DPP itu bisa wali atau wakil. Itu tergantung pada perkembangan dinamika politik.”

Saat ini, lanjut dia, Golkar juga masih melakukan penjajakan kemungkinan koalisi dengan sejumlah partai politik lain.

"Seperti hari ini PKS akan ke Kantor DPD Partai Golkar karena sesuai dengan hasil polling mereka. Minggu ini kami juga akan ketemu dengan PAN dan PKB, pekan depan insyaallah akan kami bicarakan dengan tiga partai lain, yakni Gerindra, PSI,  dan PDI Perjuangan,” ujarnya.

Pihaknya berniat menjajaki seluruh partai politik, terutama yang memiliki kursi di parlemen.

Sekar pun disebutnya akan melakukan lobi dengan sejumlah bakal calon yang sudah mengemuka.

"Ya Pak Teguh, siapa saja termasuk Mbak Astrid. Kami akan melakukan lobi khusus. Insyaallah dalam waktu dekat akan ada pertemuan dengan beliau-beliau," katanya.



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x