Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Pemeriksaan Hewan Kurban, Temukan Kerbau Kena PMK

Kompas.tv - 31 Mei 2024, 09:23 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Petugas kesehatan hewan Dinas Peternakan pada Rabu (29/05/2024) mendatangi sejumlah tempat penjualan sapi kurban, di antaranya adalah di Pasar Hewan Kebonagung, Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Kedatangan petugas ini tak lain untuk memeriksa kondisi kesehatan hewan kurban yang dijual ke masyarakat.

Satu per satu sapi diperiksa secara teliti, mulai dari pemeriksaan luar seperti kondisi mata, telinga, kulit, dubur hingga kotoran sapi. Selain itu, denyut jantung sapi juga diperiksa menggunakan stetoskop untuk mengetahui apakah sapi dalam kondisi sehat atau sakit.

Tak hanya pemeriksaan kesehatan, petugas juga memeriksa gigi sapi untuk mengetahui umur, agar sapi yang dijual benar-benar sudah sesuai dengan ketentuan syariat Islam.

Pemeriksaan kesehatan hewan kurban sengaja diintensifkan menjelang hari raya Idul Adha untuk mencegah beredarnya hewan kurban yang terjangkit penyakit berbahaya. Dari hasil pemeriksaan petugas menemukan sapi berpenyakit kulit dan kerbau yang terkena penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Pemeriksaan hewan kurban di Pasar Hewan Kajen sebagai antisipasi kita untuk menghadapi Idul Adha yang akan tiba sebentar lagi. Kita melakukan pemeriksaan terutama untuk gejala klinis PMK, juga LSD (Lumpy Skin Disease) karena dua penyakit ini yang masih menjadi concern kita, karena saat ini masih mewabah," ujar Drh. Mu'tasim, petugas Dinas Peternakan. 

Sementara itu, penjualan hewan kurban jenis sapi di Pekalongan saat ini terus meningkat mendekati hari raya Idul Adha. Harga sapi berkisar Rp 20 juta hingga Rp 50 juta tergantung jenis dan berat.

#iduladha #hewankurban #pekalongan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x