Kompas TV regional berita daerah

Tinjau Lahan Sawah di Bone Bolango, Mentan Minta Gorontalo Jaga Sistem Pompanisasi Air

Kompas.tv - 1 Juni 2024, 13:38 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

BONE BOLANGO, KOMPAS.TV - Dalam kunjungan kerjanya di Gorontalo, Menteri Pertanian Republik Indonesia meninjau sejumlah lahan persawahan yang ada di Kabupaten Bolango.

Menteri Pertanian juga mengecek dan memeriksa ketersediaan alat pompanisasi untuk lahan persawahan di Bone Bolango.

Para petani di Provinsi Gorontalo diminta untuk dapat menjaga alat pompanisasi yang diberikan pemerintah untuk mendukung serta mendorong peningkatan produktivitas panen hingga 3 kali dalam setahun.

Menurut Mentan, pompanisasi adalah solusi cepat yang bisa digunakan petani disaat Indonesia Tengah dilanda kekeringan panjang.

Bahkan, Menteri Pertanian pun menegaskan akan memberikan bantuan pompa air kepada para petani agar bisa menjaga produktivitas, meskipun di musim kemarau.

Menteri Pertanian mengatakan peningkatan produksi di Provinsi Gorontalo harus menjadi pemicu bagi daerah lain untuk sama-sama memperkuat ketersediaan pangan bangsa.

Sementara itu, Menteri Pertanian meminta agar pemerintah daerah mendorong pencetakan persawahan dari 7 ribu hektar, menjadi 50 ribu hektar, agar Gorontalo bisa menjadi swasembada dan menyuplai beras hingga ke daerah tetangga.

Baca Juga: Menteri Pertanian RI Lepas Ekspor 50 Ribu Ton Jagung Gorontalo ke Filipina

Bupati Bone Bolango Merlan Uloli pun mengaku bersyukur atas kunjungan dan perhatian menteri pertanian terhadap sektor pertanian di Kabupaten Bone Bolango.

Sebagai gambaran, luas baku lahan di Kabupaten Bone Bolango mencapai 2.015 hektar, luas tanam padi sebesar 1.931 hektar, luas panen 1.931 hektar.

Disamping itu, pemerintah Kabupaten Bone Bolango kini akan segera menyiapkan lahan untuk percetakan sawah guna meningkatkan produktivitas beras di Bone Bolango.

 

#menteripertanian

#lahansawah

#bonebolango

#gorontalo



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x