Kompas TV regional jawa timur

Action Figure Buatan Buatan Rumahan Diminati Pasar Mancanegara

Kompas.tv - 2 Juni 2024, 08:01 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV-Di rumahnya kawasan Sawojajar Kota Malang, Mikhael Yusak bersama dua rekannya tengah sibuk menyelesaikan pesanan patung tokoh dalam sebuah film atau action figure dari pelanggan. Semua proses pembuatan mulai dari desain, pencetakan hingga finishing dilakukan di rumah ini.

Dalam memproduksi action figure, Mikhael Yusak menggunakan bahan resin yang dicetak, namun sebelum mencetak, terlebih dahulu membuat cetakan dengan menggunakan printer tiga dimensi. Tak hanya karakter film laga dalam negeri, mikhael juga membuat diorama dari beberapa film luar negeri. Menurut Mikhael Yusak, kebanyakan penghobi mainan menginginkan diorama seperti dalam film aslinya, dari situlah mikhael yusak membuat diorama film Marvel atau DC.

Selain karakter film yang sudah ada, kini Mikhael Yusak juga memproduksi action figur dengan karakter ciptaannya sendiri. Meski di Indonesia hal ini belum banyak peminat, namun di luar negeri action figure ini banyak sekali peminatnya. Bahkan menurutnya, 80 persen produk action figure dan diorama ini dipesan dari luar negeri. Action figur buatan warga Malang ini dibanderol mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

"Kita mulai bikin karakter sendiri untuk dijual, kalo di Indonesia itu mungkin masih agak baru, kalo di luar negeri sudah lama," Terang Mikhael.

Dalam menggeluti dunia hobi, Mikhael Yusak bukan tidak menemui kendala. Serbuan produk Cina yang berani memasang harga lebih murah menjadi tantangan bagi durinya. Untuk bisa bersaing, produsen dituntut untuk lebih kreatif dan terus melakukan evaluasi produk.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x