Kompas TV regional jawa timur

Berita Foto: Keseruan Karapan Sapi Brujul Probolinggo, Adu Cepat Lari di Lahan Berlumpur

Kompas.tv - 3 Juni 2024, 10:32 WIB
berita-foto-keseruan-karapan-sapi-brujul-probolinggo-adu-cepat-lari-di-lahan-berlumpur
Seorang joki memacu sapi di Karapan Sapi Brujul Dandim CUp 2024, di Kota Probolinggo, Minggu (2/6/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV – Belasan pasang sapi berlaga saling adu cepat di kegiatan Karapan Sapi Brujul Dandim Cup 2024, di Kota Probolinggo, Jawa Timur, Minggu (2/6/2024).

Karapan sapi brujul tersebut digelar di lintasan sawah basah yang ada di Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo.

Sapi brujul tersebut merupakan trdaisi khas Probolinggo, dan dilaksanakan oleh petani serta warga menjelang musim tanam tiba.

Sebelum pelaksanaan lomba yang mengadu kecepatan lari dua sapi dan ketangkasan jokinya, sapi-sapi yang diikutkan perlombaan mendapat perawatan khusus. Para pemilik sapi itu memandikan, memijat sebagian tubuh agar dapat berlari kencang.

Sebagian sapi dan joki yang mengikuti kegiatan itu juga melakukan pemanasan sebelum beraksi. Mereka memacu sapi-sapi dari ujung sawah ke ujung lainnya.

Dua sapi yang diikutsertakan di Karapan Sapi Brujul Dandim Cup 2024 di Kota Probolinggo, Jawa Timur, Minggu (2/6/2024) berlaga di lahan berlumpur. (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)

Ratusan warga datang untuk menyaksikan event tersebut secara gratis. Tak jarang mereka turut berteriak menyemangati sapi jagoannya.

Sejumlah anak yang datang bukan hanya menyaksikan perlombaan itu, tetapi juga bermain berkejaran di lahan berlumpur.

Saat para joki dan sapi siap berlaga, mereka pun segera menepi agar perlombaan tidak terganggu.

Keseruan lain yang muncul dari karapan sapi brujul tersebut adalah adanya sapi yang berlari keluar lintasan dan menyebabkan sejumlah pengunjung berlarian.

Berikut foto-fot0 keseruan kegiatan Karapan Sapi Brujul Piala Dandim Probolinggo 2024:

Seekor sapi yang akan berlaga di Karapan Sapi Brujul Dandim Cup 2024, saat tiba di arena lomba, di Kota Probolinggo, Jawa Timur, MInggu (2/6/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Seorang pemilik sapi sedang memijat lidah hewan piaraannya yang akan diikutsertakan dalam Karapan Sapi Brujul Dandim Cup 2024, di Kota Probolinggo, Jawa Timur, Minggu (2/6/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Peserta Karapan Sapi Brujul Dandim Cup 2024 sedang menyiapkan hewan ternak yang akan diikutkan dalam perlombaan tersebut, di Kota Probolinggo, Jawa Timur, Minggu (2/6/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Sapi yang berlari di arena Karapan Sapi Brujul Dandim Cup 2024, Kota Probolinggo, Jawa Timur, Minggu (2/6/2024) menimbulkan percikan lumpur, (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Sejumlah anak yang hadir di kegiatan Karapan Sapi Brujul Dandim Cup 2024 di Probolinggo Jawa Timur, Minggu (2/6/2024) juga ikut turun ke lintasan untuk bermain bersama temannya. (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Joki peserta Karapan Sapi Brujul Dandim Cup 2024, memacu sapinya agar berlari lebih kencang, di Kota Probolinggo, Jawa Timur, Minggu (2/6/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Seorang pria kru sapi peserta Karapan Sapi Brujul Dandim Cup 2024 di Kota Probolinggo, Jawa Timur, membantu rekannya menghentikan sapi yang berlari, MInggu (2/6/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Sejumlah penonton menyaksikan aksi joki dan sapi yang berlaga di kegiatan Karapan Sapi Brujul Dandim Cup 2024, di Kota Probolinggo, Jawa Timur, Minggu (2/6/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Seorang peserta Karapan Sapi Brujul Dandim Cup 2024 berupaya memacu sapinya agar berlari lebih kencang, di Kota Probolinggo, Jawa Timur, Minggu (2/6/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x