Kompas TV regional berita daerah

Intip Proses Produksi Teri Asin di Pulau Pasaran Lampung

Kompas.tv - 6 Juni 2024, 13:18 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Sejak puluhan tahun silam, warga Pulau Pasaran Kota Karang Teluk Betung Timur Bandar Lampung dikenal sebagai sentra penghasil ikan teri terbesar.

Baca Juga: Meresahkan! Pencuri Gasak 3 Motor Sekaligus dari Indekos

Pasalnya warga sekitar khususnya nelayan berhasil memproduksi ikan teri dengan berbagai jenis yang kemudian dipasarkan ke berbagai daerah.


Ikan teri yang telah dihasilkan dari para nelayan pulau pasaran diangkut menggunakan kapal kecil lalu dibawa dengan menggunakan gerobak untuk dilakukan penjemuran.


Adapun ikan teri yang dihasilkan seperti teri nasi yang dijual mulai dari 90-95 ribu rupiah, teri tiau  70-75 per kilogram hingga teri jengki yang dihargai 50-55 ribu rupiah per kilogramnya.

Maya Sari selaku pengelola ikan teri di pulau pasaran  menyampaikan bahwa proses produksi ikan teri di  pulau pasaran ini bergantung pada kondisi cuaca. Jika kondisi cuaca sedang panas, maka bagus untuk proses penjemuran yang bisa mencapai satu ton dan ratusan kilogram ikan teri bisa terjual.

Selain itu, Maya mengaku ia bisa memberdayakan tetangga sekitar rumahnya untuk membantu proses produksi ikan teri tersebut sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan.

#produksi #teriasin #pulaupasaran



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x