Kompas TV regional berita daerah

Pengecekan Kesehatan Hewan Kurban di Lapak Penjual

Kompas.tv - 11 Juni 2024, 13:03 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Dinas Pertanian Kota Bandar  Lampung melakukan sidak ke lapak penjualan hewan kurban guna memastikan sapi atau kambing yang dijual layak untuk di kurbankan pada idul adha mendatang.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Penjual Hewan Kurban Mulai Ramai

Salah satu lapak pedagang hewan qurban yang dilakukan pengecakan berada  di Jalan Gunung Terang Langkapura  Bandar Lampung. Pengecekan kesehatan hewan dilakukan oleh dokter yang meliputi cek air liur dan cek fisik.

Jenis hewan yang masuk dalam kriteria kurban diantaranya sehat, tidak cacat, tidak kurus dan cukup umur, untuk kambing diatas satu tahun atau ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap sementara untuk sapi diatas usia dua tahun dengan ditandai tumbuhnya sepasang gigi tetap.

Erwin Kepala Dinas Pertanian Bandar Lampung mengatakan hasil sidak sejauh ini tidak ditemukan hewan qurban yang terjangkit penyakit sehingga dinilai layak untuk dikurbankan.

Warga yang akan berkurban di idul adha diimbau untuk membeli sapi atau kambing yang sudah dilakukan cek kesehatan oleh dokter dan dinas pertanian.

#hewan #kurban #sehat 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x