Kompas TV regional jabodetabek

Kasus Pemukulan Anjing Berakhir Damai, PI Tetap Kerja Sama dengan Vendor, Security K-9 Tak Dipecat

Kompas.tv - 13 Juni 2024, 10:10 WIB
kasus-pemukulan-anjing-berakhir-damai-pi-tetap-kerja-sama-dengan-vendor-security-k-9-tak-dipecat
Fay, anjing penjaga di Plaza Indonesia. (Sumber: Instagram Plaza Indonesia)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kasus pemukulan anjing penjaga bernama Fay di Plaza Indonesia (PI) yang melibatkan sekuriti K-9 bernama Nasarius berakhir damai.

Kuasa hukum dari vendor security K-9 yang bekerja sama dengan PI, menyatakan bahwa proses mediasi telah berlangsung di Polsek Metro Menteng, Jakarta Pusat, pada Selasa (11/6/2024).

Pihak vendor mengakui bahwa PI sempat memutuskan kerja sama dengan vendor usai video pemukulan terhadap anjing Fay viral.

Namun demikian, kini PI kembali menjalin kerja sama dengan pihak vendor usai kasus pemukulan anjing tersebut dinyatakan damai.

Baca Juga: Fakta Terbaru soal Video Satpam Pukul Anjing, Robby Purba Minta Maaf: Pintu Rumah Saya Terbuka

“Kami pun saat ini mengucapkan terima kasih kepada pihak Plaza Indonesia yang dalam hal ini telah mencoba mengajak kami untuk mendiskusikan kerja sama kembali sebagai vendor K-9 di tempat tersebut," kata kuasa hukum vendor security K-9, Selasa.

Selain itu, mereka juga batal memecat Nasarius, sekuriti K-9 yang terlibat dalam kasus pemukulan anjing Fay.

“Terhadap karyawan kami atas nama Nasarius, kami menyatakan tidak akan dilakukan pemutusan hubungan kerja,” ucap dia, seperti dikutip dari Kompas.com.

Sebelumnya, kasus pemukulan anjing oleh sekuriti di PI, Jakarta Pusat, viral di media sosial usai sebuah video berisi seorang sekuriti tengah memukuli anjing penjara beredar.

Pada Kamis (6/6), PI merilis keterangan berisi permohonan maaf atas insiden yang terjadi. PI menolak segala bentuk kekerasan terhadap hewan.

“Kami selalu menjunjung tinggi integritas dan memberikan standar terbaik dan etis tanpa membenarkan berbagai bentuk kekerasan pada hewan,” tulis Plaza Indonesia, Kamis (6/6/2024).

Pihaknya juga telah melakukan tinjauan terhadap video yang viral itu. Plaza Indonesia menemukan bahwa pihak vendor telah gagal melakukan standar operasional.

“Oleh karena itu, kami memutuskan untuk tidak melanjutkan kerja sama terhadap pihak tersebut berlaku saat ini juga,” tulis Plaza Indonesia.

Baca Juga: Kronologi Kasus Pemukulan Anjing Mal Jakarta, Pelaku: Ingin Selamatkan Kucing dari Terkaman

Pada Sabtu (8/6), muncul video klarifikasi dari Nasarius yang mengaku telah dipecat di pekerjaannya. Ia lantas menjelaskan alasannya memukul anjing K-9.

Rupanya, pemukulan tersebut dilakukan karena Nasarius mencoba menghentikan anjing yang tengah menerkam anak kucing.

“Saya pukul dia karena terpaksa supaya dia berhenti terkam anak kucing. Saya sayang dia, itu anjing saya,” ucap Nasarius.

Selain itu, beredar video potongan rekaman CCTV yang memperlihatkan anjing menerkam anak kucing.



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x