Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Sidak ke Pasar Hewan, Petugas Pastikan Hewan Kurban Sehat

Kompas.tv - 13 Juni 2024, 11:48 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Jelang Iduladha, petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, melakukan sidak pemeriksaan kesehatan ke pasar hewan kurban. Kegiatan ini merupakan langkah antisipasi pencegahan peredaran hewan kurban yang tidak sehat.

Satu persatu sapi dan kambing yang berada di Pasar Hewan Kebonagung, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan diperiksa kesehatannya oleh dokter hewan dinas peternakan. Pemeriksaan meliputi kesehatan mulut, mata, pernafasan, alat kelamin dan anus.

Pemeriksaan antemortem ini bertujuan untuk memastikan sapi yang dijual untuk kurban benar-benar sehat dan memenuhi syariat sebagai hewan kurban. Selain sapi, petugas juga mendatangi lapak pedagang kambing untuk memeriksa kesehatannya.

Dari beberapa tempat yang telah didatangi dan dilakukan pemeriksaan, petugas tidak menemukan hewan yang terindikasi mengidap penyakit berbahaya.

Meski tidak ditemukan hewan kurban yang terindikasi mengidap penyakit, namun masyarakat tetap diminta untuk waspada dan teliti saat membeli hewan kurban terutama memperhatikan usia hewan kurban.

“Kegiatan ini pemeriksaan hewan kurban di pasar hewan. Sebelum hewan kurban dibeli, kita lakukan pemeriksaan dan pemantauan dulu. Kita inspeksi dan pastikan hewan tersebut sehat dan cukup umur sesuai dengan syariat. Sejauh ini tidak ada temuan dan semua sehat. Untuk pembeli, pastikan hewan kurban sehat dan cukup umur, pilih yang terbaik, kalau ada temuan di lapangan segera laporkan ke petugas terkait,” tutur Azizatul Zulfa, petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Pekalongan.

Rencananya petugas akan mengintensifkan pemeriksaan hewan kurban sampai sehari sebelum Hari Raya Iduladha, untuk mencegah peredaran sapi atau kambing yang tidak layak untuk hewan kurban. Masyarakat dihimbau untuk membeli hewan kurban ditempat yang sudah mendapat surat keterangan bebas penyakit.

#hewahkurban #iduladha #sidakpasarhewan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x