Kompas TV regional jawa tengah dan diy

FX Rudy Sarankan PKS Daftarkan Calonnya Lewat DPP PDI-P Jika Ingin Kerja Sama di Pilkada Solo

Kompas.tv - 15 Juni 2024, 17:05 WIB
fx-rudy-sarankan-pks-daftarkan-calonnya-lewat-dpp-pdi-p-jika-ingin-kerja-sama-di-pilkada-solo
Ketua DPC PDI-P Solo FX Hadi Rudyatmo atau FX Rudy di kediamannya, Puncangsawit, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (20/5/2023). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Tito Dirhantoro

SOLO, KOMPAS.TV - Ketua DPC PDI Perjuangan (PDI-P), FX Hadi Rudyatmo atau FX Rudy, menyarankan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menghubungi DPP PDI-P jika ingin mengajukan kandidat mereka untuk kerja sama di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solo 2024.

Rudy menuturkan bahwa peluang mengusung bakal calon wali kota dan wakil wali kota Solo dengan PKS masih terbuka. 

Namun, proses penjaringan di tingkat DPC PDI-P Solo telah ditutup. Oleh sebab itu, ia menyarankan agar PKS melakukan pendaftaran kandidatnya melalui DPP PDI-P.

"Sebab, kami di DPC hanya menerima tugas membuka pendaftaran penjaringan bakal calon, dan untuk DPC sudah ditutup. Jika memang ingin mendaftarkan bakal calonnya bisa melalui DPP," tuturnya, Sabtu (15/6/2024), dikutip Kompas.com.

Baca Juga: Kata Anies soal Pilgub Jakarta 2024: Komunikasi dengan PDIP Intensif

Rudy menjelaskan, saat ini PDI-P memiliki 20 kursi di DPRD Kota Solo, sehingga bisa mengusung calon. Namun, pihaknya tetap membuka peluang kerja sama dengan PKS. 

"Kerja sama boleh saja dengan siapa pun. PDI-P sudah bisa mencalonkan diri, kalau PKS mau kerja sama juga bisa di parlemen dalam proses pendukungan juga bisa. Memenangkan pemilihan kepala daerah dan kerja sama tidak berhenti," ujarnya. 

Kerja sama dengan partai politik untuk menghadapi Pilkada Solo 2024, kata Rudy, merupakan instruksi DPP. 

"Bukan hanya PKS saja, dengan partai lain. Tapi, kalau dengan PKS sudah selesai, ngapain dengan partai lain," tuturnya. 

Sementara itu, Ketua DPD PKS, Daryono, berharap agar kerja sama partainya dengan PDI-P berlanjut.

"Nanti bisa betul-betul berlanjut untuk ke langkah berikutnya dalam konteks kerja sama demi kebaikan masyarakat di kota Solo," katanya.

"Kita masih ada peluang kerja sama. Kita menyesuaikan dengan hasil selanjutnya. Kalau kita PKS, pengen punya calon yang maju, tetapi kita juga tidak memaksakan seperti itu."

Baca Juga: Muncul Wacana Duet Anies-Kaesang di Pilkada Jakarta, Begini Respons PDIP

Sebelumnya, pihak DPD PKS Solo telah mendatangi para pengurus DPC PDI-P Solo di Pucang Sawit, Jebres, pada Selasa (28/5/2024) sore.

Kunjungan balasan dari pengurus DPC PDI-P Solo dilakukan pada Jumat (14/6/2024) malam ke kantor DPD PKS Solo di Kerten, Laweyan.



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x