Kompas TV regional jawa timur

Pemeriksaan Daging Hewan Kurban Sebelum Dibagikan

Kompas.tv - 17 Juni 2024, 16:05 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Untuk memastikan daging yang dibagikan saat Hari Raya Idul Adha bebas dari penyakit, petugas dinas pertanian dan ketahanan pengan kota malang melakukan pemeriksaan.

Pemeriksaan daging hewan kurban salah satunya dilakukan di masjid babul hidayah kelurahan tanjungrejo Kota Malang Dispangtan bersama dengan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang memeriksa daging hewan kurban setelah disembelih.

Selain kondisi hewan sebelum disembelih, pemeriksaan juga dilakukan pada daging dan organ dalam hewan kurban seperti hati, limpa, paru-paru dan usus. Pemeriksaan pada organ dalam ini dilakukan untuk memastikan tidak ada cacing atau kerusakan pada organ dalam hewan kurban. Dalam pemeriksaan tersebut, diketahui bahwa daging hewan kurban aman.

"Bersih dan tidak ditemukan keabnormalan jadi aman dan kambing juga tidak ada tanda tanda keabnormalan semua sehat" Kata Devita

Sementara itu, salah satu takmir masjid Babul Hidayah mengaku pemeriksaan hewan kurban sangat membantu bagi panitia penyembelihan hewan kurban. Dengan pemeriksaan hewan kurban ini, panitia merasa aman untuk membagikan daging kurban kepada masyarakat.

"Dengan adanya pemeriksaan dari kedokteran ini kita lebih enak lah, dengan adanya dokter hewan di sini kita bisa memastikan bahwa sapi itu sehat" Terang Dahrul Qotmi.

Setelah diperiksa, daging sapi dan kambing dibagikan kepada masyarakat sekitar masjid.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x